Rabu 21 Feb 2024 23:51 WIB

Adil Sejak dalam Pikiran, Prinsip Keadilan Itu Sudah Diingatkan Alquran 14 Abad Silam

Alquran mengabadikan perintah untuk berbuat adil

Rep: Rahmat Fajar / Red: Nashih Nashrullah
Palu hakim (Ilustrasi).  Alquran mengabadikan perintah untuk berbuat adil
Foto: EPA
Palu hakim (Ilustrasi). Alquran mengabadikan perintah untuk berbuat adil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Keadilan menjadi fokus isu semua pasangan calon presiden dan wakil presiden 2024. Mereka menjual isu tersebut demi meraih simpatik dengan harapan mendapatkan dukungan suara. 

Berbuat adil memang wajib dilakukan oleh setiap manusia baik itu statusnya sebagai individu atau pemimpin. Allah SWT dalam firmannya Surat Al-Maidah ayat 8 memperingatkan jangan sampai kebencian menghilangkan sikap adil.

Baca Juga

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُوْنُوْا قَوَّامِيْنَ لِلّٰهِ شُهَدَاۤءَ بِالْقِسْطِۖ وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَاٰنُ قَوْمٍ عَلٰٓى اَلَّا تَعْدِلُوْا ۗاِعْدِلُوْاۗ هُوَ اَقْرَبُ لِلتَّقْوٰىۖ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌۢ بِمَا تَعْمَلُوْنَ

Yā ayyuhal-lażīna āmanū kūnū qawwāmīna lillāhi syuhadā'a bil-qisṭi wa lā yajrimannakum syana'ānu amin alā allā tadilū, i;dilū, huwa aqrabu lit-taqwā wattaqullāh(a), innallāha khabīrum bimā ta'malūn(a). Artinya:

 

"Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu penegak (kebenaran) karena Allah (dan) saksi-saksi (yang bertindak) dengan adil. Janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlakulah adil karena (adil) itu lebih dekat pada takwa. Bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan.”

Tafsir tahlili dalam Alquran Kemenag dijelaskan Surat al-Maidah ayat 8 bahwa kebencian terhadap suatu kaum tidak boleh mendorong seseorang untuk memberikan persaksian yang tidak adil dan tidak jujur, walaupun terhadap lawan.

Secara luas Allah SWT kemudian memerintahkan kepada umat beriman agar berbuat adil. Sebab keadilan dibutuhkan dalam segala hal. Keadilan menjadi jalan meraih ketenteraman, kemakmuran dan kebahagiaan di dunia dan akhirat. 

Oleh karena itu menurut tafsir tersebut keadilan adalah jalan menuju takwa. Ayat ini juga memerintahkan orang mukmin melaksanakan amal dan pekerjaannya secara cermat, jujur, dan ikhlas karena Allah SWT. Baik pekerjaan yang berkaitan dengan agama ataupun duniawi. Dengan begitu mereka akan meraih kesuksesan sesuai yang diharapkan. 

Baca juga: 5 Kunci Agar Rezeki yang Diperoleh Berkah di Dunia Menurut Alquran dan Hadits

Dan dalam persaksian, ayat ini memerintahkan agar berkata benar tanpa memandang bulu sekalipun akan merugikan diri sendiri sahabat dan menguntungkan lawan. Dan ini sejalan dengan isi Surat an-Nisa ayat 135 yang berbicara tentang adil dan jujur dalam persaksian.  

photo
Infografis: Lima Nama Allah yang Berarti Adil - (Infografis Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement