Jumat 16 Feb 2024 18:27 WIB

Makna Kun Fayakun Menurut Prof Quraish Shihab

Prof Quraish Shihab menjelaskan soal makan kun fayakun.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Muhammad Hafil
 Prof Quraish Shihab menjelaskan soal makan kun fayakun. Foto:  Foto: Prof Quraish Shihab
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Prof Quraish Shihab menjelaskan soal makan kun fayakun. Foto: Foto: Prof Quraish Shihab

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Sebagai umat Islam yang mengimani tentang Maha Kuasa Allah di seluruh alam maka tidak sulit bagi-Nya menciptakan sesuatu. Sebagaimana penggalan ayat al-Quran Surah Yasiin ayat 82 "Kun Fayakun".

اِنَّمَآ اَمْرُهٗٓ اِذَآ اَرَادَ شَيْـًٔاۖ اَنْ يَّقُوْلَ لَهٗ كُنْ فَيَكُوْنُ

Baca Juga

Innamā amruhū iżā arāda syai'an ay yaqūla lahū kun fa yakūn(u).

Artinya: "Sesungguhnya ketetapan-Nya, jika Dia menghendaki sesuatu, Dia hanya berkata kepadanya, “Jadilah!” Maka, jadilah (sesuatu) itu."

Ahli tafsir Al-Quran, Prof Quraish Shihab dalam bukunya "Menjawab ?...1001 Soal Keislaman Yang Patut Anda Ketahui" menjelakan kata 'Kun' dalam firman-Nya "Kun Fayakun" digunakan untuk menggambarkan betapa mudahnya Allah menciptakan sesuatu di alam ini. Sesuatu itu juga bisa cepat diciptakan jika Allah berkehendak.

Cepat dan mudahnya menciptakan sesuatu diibaratkan dengan mengucapkan kata "Kun" walaupun Allah sebenarnya tidak perlu mengucapkannya. Pasalnya, Allah tidak perlu syarat apapun untuk mewujudkan apapun yang dikehendakinya.

Prof Quraish menegaskan bahwa kata 'Kun' untuk melukiskan Allah tidak memerlukan siapapun untuk mewujudkan sesuatu. Termasuk bagaimana Allah berkehendak menciptakan alam raya ini dengan proses. Sebab Allah ingin manusia sadar bahwa proses bukan sesuatu yang buruk.

Sementara itu dalam tafsif tahlili dalam Quran Kemenag menjelaskan ayat tersebut ingin menunjukkan betapa besarnya kekuasaan Allah Swt. Maka dari kehidupan hari kebangkitan pasca kematian bukanlah sesuatu yang mustahil diciptakan oleh Allah Swt.

Tafsir ini juga menegaskan bahwa betapa mudahnya Allah menciptakan sesuatu di alam ini dengan hanya mengucapkan "Jadilah". Makhluk atau apapun yang dikehendakinya akan segera tercipta. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement