Senin 12 Feb 2024 16:03 WIB

Tafsir Surat Al Mulk Ayat 14 : Allah Mampu Menembus yang Tersembunyi

Aksi pelaku menenggelamkan tubuh korban bahkan terekam oleh kamera CCTV.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Amal baik karena Allah SWT (ilustrasi)
Foto: republika
Amal baik karena Allah SWT (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Kebiadaban aksi pembunuhan terhadap seorang anak laki-laki di kolam renang baru-baru ini membuat banyak orangtua geram. Aksi pelaku menenggelamkan tubuh korban bahkan terekam oleh kamera CCTV, namun tidak ada petugas keamanan yang datang menolong dan pengunjung kolam pun tidak ada yang melihat, hingga tubuh korban terkulai lemas dalam pelukan pelaku.

Tetapi ingatlah, CCTV Allah luar biasa. Al ‘Alim dan Al Khabir Allah mampu mengetahui segala sesuatu, baik yang tersirat, dihalang-halangi, hingga yang disembunyikan sedemikian rupa. Allah Maha Mengetahui sebagaimana disebutkan dalam surat Al-Mulk ayat 14.

Baca Juga

 

أَلَا يَعْلَمُ مَنْ خَلَقَ وَهُوَ ٱللَّطِيفُ ٱلْخَبِيرُ

 

Arab Latin:  Alā ya'lamu man khalaq, wa huwal-laṭīful-khabīr

Terjemahan: “Apakah (pantas) Zat yang menciptakan itu tidak mengetahui, sedangkan Dia (juga) Maha Halus lagi Maha Mengetahui?

Tafsir Kementerian Agama RI

Ayat ini seakan-akan memperingatkan orang-orang musyrik yang tidak percaya akan luas dan detilnya pengetahuan Allah, bahwa Tuhan Maha Mengetahui segala isi langit dan bumi betapa pun kecilnya, betapa pun jauh disembunyikan, serta mengetahui perkataan-perkataan yang dirahasiakan. Sesungguhnya pengetahuan Allah dapat menembus dinding yang sangat tebal dan kokoh dan sesuatu yang paling tersembunyi letaknya sekalipun. Seandainya orang-orang kafir mau menggunakan akalnya, tentu ia akan berpendapat bahwa yang menciptakan seluruh alam ini, termasuk di dalamnya bumi dengan segala isinya, adalah Allah. Pencipta itu pasti mengetahui keadaan dan sifat-sifat dari ciptaanNya, baik yang kecil maupun yang besar. Oleh karena itu, apapun yang terjadi pada ciptaan-Nya, Allah mengetahuinya dengan rinci.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement