Ahad 11 Feb 2024 21:15 WIB

Dzikir Pembawa Rezeki

Ada banyak jenis rezeki di dunia ini.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Berdzikir. Ilustrasi
Foto: Thoudy Badai/Republika
Berdzikir. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Ada banyak jenis rezeki di dunia ini, rezeki berupa harta benda, kesehatan, anggota tubuh yang lengkap, memiliki orang tua yang masih sehat, memiliki keluarga yang akur, memiliki tetangga yang baik pun bagian dari rezeki yang patut kita syukuri. 

Salah satu amalan sederhana pembuka rezeki yang paling mudah dilakukan di manapun dan kapan pun, adalah dzikir. Sebagaimana dianjurkan oleh para ulama salaf, bahwa dzikir tersebut baiknya dilakukan setelah sholat.

Baca Juga

Berzikir merupakan ibadah yang tergolong mudah dan ringan. Namun, apabila kita mampu melaksanakan amalan yang satu ini, Allah Swt akan memberikan pahala yang sangat besar. Meskipun amalan yang tergolong mudah dilakukan, tentu ada banyak sekali godaan dari setan yang menyulitkan diri kita agar tetap istikamah dalam berzikir. Hal yang sering kita alami adalah malas, ada sesuatu pekerjaan yang mendadak penting, sehingga ingin bergegas beranjak seusai salat, dan lain sebagainya. Padahal, Keutamaan dzikir selepas sholat ini sangat besar yakni mampu mendatangkan rezeki-rezeki yang baik.

Dalam kitab Ihya Ulumuddin, Imam Al Ghazali mengatakan, salah satu dzikir yang sangat dianjurkan adalah membaca subhanallah, alhamdulillah, dan Allahuakbar sebanyak 33 kali. Setelah berzikir kemudian dilanjutkan lagi dengan melafalkan la ilaha illallah la syarika lahu lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ala kulli syai'in qadir sebanyak satu kali. Anjuran dzikir seperti ini telah sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh abu Hurairah, bahwa Rasulullah saw bersabda:

 

قال صلى الله عليه وسلم من سبح دبر كل صلاة ثلاثا وثلاثين وحمد ثلاثا وثلاثين وكبر ثلاثا وثلاثين وختم المائة بلا إله إلا الله لاشريك له له الملك وله الحمد وهو على كل شيء قدير غفرت ذنوبه ولو كانت مثل زبد البحر

Artinya: "Rasulullah saw. bersabda: 'Siapa yang bertasbih, bertahmid, dan bertakbir setelah salat sebanyak 33 kali dan menutupnya dengan membaca lâ ilâha illallâh lâ syarîka lahu lahul mulku wa lahulhamdu wa huwa ‘alâ kulli syai'in qadîr, maka dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan'.” (HR. Malik)

Rasulullah saw menyerukan agar kita terbiasa memiliki budaya yang baik setelah salat, yakni dengan membaca dzikir tersebut. Mereka yang istiqomah membaca dzikir setelah sholat, maka dosanya akan diampuni oleh Allah Swt meskipun dosa yang telah diperbuat seseorang sebesar gunung, Allah Swt juga akan melapangkan rezeki kepada hambanya., segala kebutuhan di dunia akan dimudahkan olehNya, sehingga dalam kehidupan sehari-hari terasa ringan dan penuh berkah.

Sumber:

Tak Henti Engkau Berlari Dikejar Rezeki Amalan-Amalan Dahsyat Sumber Kekayaan dan Kemakmuran oleh Taufiq FR.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement