Ahad 11 Feb 2024 16:33 WIB

Berapa Sebenarnya Jumlah Rakaat Sholat Tahajud?

Sholat tahajud ini memiliki keutamaan yang luar biasa.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Sholat tahajud/ilustrasi

Telah berkata Aisyah, "Bahwasanya Rasulullah Saw. pernah sholat malam tiga belas rakaat. Dari tiga belas rakaat itu, beliau shalat witir lima rakaat, dan tidak duduk di antara rakaat-rakaat itu, kecuali pada rakaat terakhir” (HR Bukhari dan Muslim).

Telah berkata Aisyah, "Bahwasanya Rasulullah Saw. pernah sholat tahajud empat rakaat, tetapi jangan engkau tanya bagusnya dan panjangnya, kemudian beliau sholat lagi empat rakaat, dan jangan kau tanya bagus dan panjangnya, kemudian beliau sholat witir tiga rakaat" (HR Bukhari dan Muslim).

Ketiga hadits tersebut menunjukkan bervariasinya bilangan rakaat dan model yang ditempuh Rasulullah Saw dalam menjalankan sholat tahajud. 

Ustadz Hamdi El-Natary dalam bukunya Shalat Tahajud Cara Rasulullah SAW: Sesuai Alqur'an dan Hadits menyebutkan jumlah rakaat sholat tahajud (Qiyamul laili) sebenarnya tidak ada batasannya. Karenanya, bila kondisi tidak memungkinkan cukup dengan mengerjakan sholat witir tiga rakaat atau satu rakaat sesudah sholat isya.

Rasulullah SAW bersabda: "Dari Ibnu Abbas, ia berkata, 'Kita diperintah oleh Rasulullah mengerjakan sholat malam dan benar-benar menganjurkannya sehingga beliau berkata, 'Kerjakan sholat malam sekalipun hanya satu rakaat." (HR. Thabrani dalam kitab Al-Kabir dan Al-Ausath)

Jumlah rakaat paling utama...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement