Kamis 08 Feb 2024 06:44 WIB

10 Cara Keluar dari Kesulitan Masalah Hidup Menurut Alquran dan Hadits

Alquran dan hadits memuat pesan kesulitan hidup

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Berdoa keluar dari kesulitan hidup. Alquran dan hadits memuat pesan kesulitan hidup
Foto:

4. Tobat mohon ampun

Selanjutnya adalah memohon ampunan kepada Allah SWT, yang berarti seorang hamba mesti taubat dengan sebenar-benarnya taubat dan tidak kembali pada dosa-dosa sebelumnya. Berikut ayat Alquran tentang keutamaan tobat:

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوْا رَبَّكُمْ اِنَّهٗ كَانَ غَفَّارًاۙ يُّرْسِلِ السَّمَاۤءَ عَلَيْكُمْ مِّدْرَارًاۙ وَّيُمْدِدْكُمْ بِاَمْوَالٍ وَّبَنِيْنَ وَيَجْعَلْ لَّكُمْ جَنّٰتٍ وَّيَجْعَلْ لَّكُمْ اَنْهٰرًاۗ

"Maka aku berkata (kepada mereka), “Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, Sungguh, Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu." (QS Nuh ayat 10-12)

5. Banyak dzikir

Cara kelima agar bisa keluar dari berbagai permasalahan yang mendera adalah dengan sering-sering berdzikir. Keutamaan dan khasiat berdzikir tercantum dalam Alquran. Allah SWT berfirman:

الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَىِٕنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِ ۗ اَلَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَىِٕنُّ الْقُلُوْبُ ۗ

"(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram." (QS Ar Ra'd ayat 28)

6. Membantu dan menolong orang susah

Sering kali ketika sedang dihadapkan pada sebuah permasalahan atau mengalami kesulitan, banyak orang yang enggan membantu dan menolong orang lain yang sedang kesulitan. Karena merasa dirinya juga sedang susah. Padahal justru sebaliknya.

Ada kisah seorang ustadz di pondok pesantren. Suatu kali anaknya menderita sebuah penyakit parah. Ketika mengalami itu, yang dilakukan justru dia menyantuni beberapa anak yatim.

Ini mengajarkan bahwa sedekah atau pemberian paling utama adalah ketika justru sedang dilanda sebuah musibah. Juga menunjukkan bahwa cara keluar dari masalah adalah dengan sedekah, menolong orang susah, dan semacamnya.

Nabi Muhammad SAW telah berpesan tentang hal tersebut, sebagaimana riwayat hadits dari Abu Hurairah RA. Nabi Muhammad SAW bersabda:

 مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ الله عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَمَنْ سَتَرَ عَلَى مُسْلِمٍ سَتَرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَاللَّهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيهِ

"Siapa yang menghilangkan penderitaan seorang Muslim dari penderitaan-penderitaan di dunia, maka Allāh akan menghilangkan penderitaannya dari penderitaan-penderitaan hari Kiamat. Siapa yang memudahkan bagi orang yang mengalami kesulitan karena terlilit utang, maka Allah akan memudahkan baginya urusan di dunia dan di akhirat. Siapa yang menutupi aib orang Islam, maka Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa menolong hamba tersebut jika seorang hamba menolong saudaranya." (HR Muslim)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement