Rabu 07 Feb 2024 18:00 WIB

Rezeki Uang Sudah di Depan Mata Lalu Lenyap? Ingat Ayat Alquran dan Doa Ini

Rezeki adalah salah satu rahasia Allah SWT

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi mencari rezeki. Rezeki adalah salah satu rahasia Allah SWT
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Ilustrasi mencari rezeki. Rezeki adalah salah satu rahasia Allah SWT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Apapun di antara rahmat Allah SWT seperti kesehatan, rezeki, ilmu, dan lainnya yang dianugerahkan kepada seseorang, maka tidak ada yang dapat menahannya atau menghalanginya. 

Apapun yang ditahan oleh Allah SWT, maka tidak ada yang sanggup untuk melepaskannya. Sebab Allah Yang Mahaperkasa untuk berbuat sesuai kehendak-Nya. Allah Mahabijaksana dalam setiap ketetapan-Nya.

Baca Juga

Demikian juga soal rezeki seseorang, jika Allah SWT menetapkan akan diberikan ke seseorang, maka tidak ada yang bisa menahannya atau menghalanginya. Sebaliknya, jika Allah SWT menahan rezeki seseorang, maka tidak ada yang bisa mengambilnya dari Allah SWT.

Hal ini sebagaimana disampaikan dalam Surat Fatir Ayat 2 dan tafsirnya. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

مَا يَفْتَحِ اللّٰهُ لِلنَّاسِ مِنْ رَّحْمَةٍ فَلَا مُمْسِكَ لَهَا وَمَا يُمْسِكْ فَلَا مُرْسِلَ لَهٗ مِنْ بَعْدِهٖ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ

“Apa saja yang Allah anugerahkan kepada manusia berupa rahmat, tidak ada yang dapat menahannya. (Demikian pula) apa saja yang ditahan-Nya, tidak ada yang sanggup untuk melepaskannya. Dialah Yang Mahaperkasa lagi Mahabijaksana.” (QS Fatir ayat 2)

Tafsir Kementerian Agama menjelaskan pada ayat ini, Allah SWT menerangkan bahwa pemberian atau penahanan suatu rahmat termasuk dalam kekuasaan-Nya. Jika Dia menganugerahkan suatu rahmat kepada manusia, tidak seorang pun dapat menahan dan menghalangi-Nya. 

Begitu pula sebaliknya, jika Dia menahan dan menutup sesuatu rahmat dan belum diberikan kepada siapa yang dikehendaki-Nya, maka tiada seorang pun bisa membuka dan memberikannya, karena semua urusan di tangan-Nya. 

Dia Mahaperkasa berbuat menurut kehendak dan kebijaksanaan-Nya. Oleh karena itu, kita harus selalu menghadap Allah melalui ibadah untuk mencapai cita-cita kita, dan senantiasa dengan bertawakal kepada-Nya. Begitu juga di dalam usaha mencapai tujuan dan maksud yang diridai-Nya. Sejalan dengan ini,  Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

وَاِنْ يَّمْسَسْكَ اللّٰهُ بِضُرٍّ فَلَا كَاشِفَ لَهٗ ٓاِلَّا هُوَ ۚوَاِنْ يُّرِدْكَ بِخَيْرٍ فَلَا رَاۤدَّ لِفَضْلِهٖۗ يُصِيْبُ بِهٖ مَنْ يَّشَاۤءُ مِنْ عِبَادِهٖ ۗوَهُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ 

“Jika Allah menimpakan suatu mudarat kepadamu, tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia dan jika Dia menghendaki kebaikan bagimu, tidak ada yang dapat menolak karunia-Nya. Dia memberikannya (kebaikan itu) kepada siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya. Dialah Yang Mahapengampun lagi Mahapenyayang. (QS Yunus ayat 107)

Baca juga: 5 Kunci Agar Rezeki yang Diperoleh Berkah di Dunia Menurut Alquran dan Hadits

Dalam sebuah hadis disebutkan sebagai be/rikut, dari al-Mugirah bin Syu‘bah berkata bahwa mendengar Rasulullah SAW jika selesai sholat mengucapkan: 

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ، اَللَّهُمَّ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَلاَ يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ

Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir. Allahumma laa maani’a limaa a’thoyta wa laa mu’thiya limaa mana’ta wa laa yanfa’u dzal jaddi minkal jaddu

"Tiada tuhan melainkan Allah. Dia Esa tiada ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya segala puji. Dia kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah Tuhanku, tidak ada seorang pencegah pun terhadap sesuatu yang Engkau berikan dan tak ada seorang pemberi terhadap sesuatu yang Engkau cegah, tidak bermanfaat kejayaan seseorang dalam menghadapi siksaan Engkau.” (HR Bukhari Muslim, dan Ahmad)  

photo
Infografis Alquran dan Hadits Ungkap 5 Kunci Rezeki Melimpah - (Republika.co.id)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement