Kamis 01 Feb 2024 20:11 WIB

Mengapa Islam Mewajibkan Muslimah Berhijab? Ini Jawaban Alquran  

Islam mewajibkan jilbab untuk Muslimah yang sudah baligh

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Muslimah berhijab. Islam mewajibkan jilbab untuk Muslimah yang sudah baligh
Foto:

Pada ayat ini Allah SWT menyuruh Rasul-Nya agar mengingatkan perempuan-perempuan yang beriman supaya mereka tidak memandang hal-hal yang tidak halal bagi mereka, seperti aurat laki-laki ataupun perempuan, terutama antara pusat dan lutut bagi laki-laki dan seluruh tubuh bagi perempuan.

Begitu pula mereka para perempuan diharuskan untuk menutup kepala dan dadanya dengan kerudung, agar tidak terlihat rambut dan leher serta dadanya.

Sebab kebiasaan perempuan mereka menutup kepalanya namun kerudungnya diuntaikan ke belakang sehingga nampak leher dan sebagian dadanya, sebagaimana yang dilakukan oleh perempuan-perempuan jahiliah. 

Dalam Tafsir Al-Wajiz, pakar fikih dan tafsir negeri Suriah Syekh Prof Wahbah az-Zuhaili mengungkapkan, sebaiknya kaum perempuan juga menutupi kepala, leher, dan sesuatu di atas dada dan bagian Jaib (celah di bagian atas baju yang menunjukkan sebagian dada) dengan himar (sesuatu yang digunakan wanita untuk menutupi kepalanya). Hal ini menunjukkan kewajiban menutup kepala dan dada.

photo
5 Muslimah berhijab cemerlang di bidangnya. - (Republika)

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement