Jumat 02 Feb 2024 04:05 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Yang Takwa, yang Mulia

Standar kemuliaan di sisi Allah adalah ketakwaan.

Masjid Baiturrahman, Banda Aceh
Foto:

Jamaah Yang Berbahagia

Kesempatan yang baik ini, di awal tahun Masehi 2024 kita muhasabah, evaluasi diri, fokuskan target yang ingin diraih baik urusan dunia maupun urusan akhirat.

Salah satu yang harus kita siapkan bekal akhirat tempat kembali semua manusia. Derajat takwa yang paling mulia. Orang yang paling mulia di sisi Allah. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw,

عن جابرُ بنُ عبدِ اللهِ رضِيَ اللهُ عنهما أنَّ النَّبيَّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ خَطَبَ أصحابَه في حَجَّةِ الْوَداعِ في أوْسَطِ أيَّامِ التَّشْريقِ:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ أَلَا إِنَّ رَبَّكُمْ وَاحِدٌ وَإِنَّ أَبَاكُمْ وَاحِدٌ، أَلَا لَا فَضْلَ لِعَرَبِيٍّ عَلَى أَعْجَمِيٍّ وَلَا لِعَجَمِيٍّ عَلَى عَرَبِيٍّ وَلَا لِأَحْمَرَ عَلَى أَسْوَدَ وَلَا أَسْوَدَ عَلَى أَحْمَرَ إِلَّا بِالتَّقْوَى، أَبَلَّغْتُ ؟ قَالُوا: بَلَّغَ رَسُولُ اللَّه

Dari Jabir bin Abdullah semoga Allah meridai keduanya, sesungguhnya nabi shallallahu alaihi wa salam berkhotbah di hadapan pengunjung haji wada' di waktu hari tasyrik:

“Wahai umat manusia, ingatlah bahwa Tuhan kalian adalah satu, dan nenek moyang kalian juga satu. Tidak ada kelebihan bangsa Arab atas bangsa non-Arab, juga bangsa non-Arab atas bangsa Arab; bangsa berkulit putih atas bangsa kulit hitam, juga bangsa kulit hitam atas bangsa kulit putih, kecuali karena ketakwaannya. Apakah aku sudah menyampaikan?” Mereka [para sahabat] menjawab, “Rasulullah saw. telah menyampaikan.” (HR Ahmad).

Selanjutnya...

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/read/khutbah-jum-at-yang-takwa-yang-mulia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement