Selasa 30 Jan 2024 23:10 WIB

Begini Isyarat Alquran tentang Sumber Protein yang Dibuktikan Sains Modern

Alquran isyaratkan sumber protein untuk manusia.

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Makanan mengandung protein (ilustrasi). Protein makronutrien yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi. Ada beberapa tanda tubuh Anda kekurangan protein.
Foto: Dok. Freepik
Makanan mengandung protein (ilustrasi). Protein makronutrien yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi. Ada beberapa tanda tubuh Anda kekurangan protein.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Makanan thayyibah disebutkan dalam Alquran, tepatnya pada surat Al Baqarah ayat 57.

Ayat ini berisi perintah untuk mengonsumsi makanan-makanan yang thayyibah, yakni yang baik-baik. Allah SWT berfirman:

Baca Juga

وَظَلَّلْنَا عَلَيْكُمُ الْغَمَامَ وَاَنْزَلْنَا عَلَيْكُمُ الْمَنَّ وَالسَّلْوٰى ۗ كُلُوْا مِنْ طَيِّبٰتِ مَا رَزَقْنٰكُمْ ۗ وَمَا ظَلَمُوْنَا وَلٰكِنْ كَانُوْٓا اَنْفُسَهُمْ يَظْلِمُوْنَ

"Dan Kami menaungi kamu dengan awan, dan Kami menurunkan kepadamu mann dan salwa. Makanlah (makanan) yang baik-baik dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu. Mereka tidak menzalimi Kami, tetapi justru merekalah yang menzalimi diri sendiri." (QS Al Baqarah ayat 57).

Dr Nadiah Thayyarah dalam "Sains dalam Al-Qur'an: Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah", menyebutkan, makhluk hidup membutuhkan makanan yang bisa dicerna agar dapat menghasilkan tenaga dan panas bagi tubuh.

Dia juga mengungkapkan bahwa ada empat unsur makanan yang wajib dan penting bagi tubuh untuk berkembang dan bertahan hidup. Pertama adalah protein, yang terdapat pada daging, telur, keju, kacang-kacang-an, dan biji-bijian.

Kedua, glukosa, yang mencakup gula-gulaan dan karbohidrat yang terdapat pada gandum, kentang, beras, dan biji-bijian. Ketiga adalah lemak, yang mencakup lemak nabati dan lemak hewani.

Keempat ialah air. Fungsi air penting dalam menunjang proses metabolisme kimiawi dalam tubuh dan membantu melarutkan unsur-unsur penting tadi agar bisa dialirkan dalam darah. Kelima yakni vitamin, yang juga penting dalam membantu melarutkan unsur-unsur sebelumnya.

Lebih lanjut, Nadiah menjelaskan tentang pentingnya protein. Tubuh membutuhkan protein yang cukup setiap hari. Seorang perempuan membutuhkan 60 gram protein setiap hari. Ketika mengandung dan menyusui, kebutuhan protein perempuan bertambah menjadi 100-125 gram per hari.

Anak-anak baik laki-laki maupun perempuan butuh 80-100 gram protein per hari untuk pertumbuhan fisiknya. Sedangkan lelaki membutuhkan protein sekitar 70-80 gram per hari.

Ada sejumlah ayat Alquran yang mengisyaratkan bahwa Allah SWT menganugerahi manusia dengan banyak jenis hewan sebagai sumber protein. Dalam surat An Nahl ayat 5, Allah SWT berfirman:

وَالْاَنْعَامَ خَلَقَهَا لَكُمْ فِيْهَا دِفْءٌ وَّمَنَافِعُ وَمِنْهَا تَأْكُلُوْنَ

"Dan hewan ternak telah diciptakan-Nya, untuk kamu padanya ada (bulu) yang menghangatkan dan berbagai manfaat, dan sebagiannya kamu makan." (QS an-Nahl ayat 5).

Begitu pun..

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement