Selasa 30 Jan 2024 15:03 WIB

Ingin Rezeki Terkumpul? Ucapkan Kalimat Ini Sesering Mungkin

Membaca kalimat thayyibah memiliki ragam manfaat.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Rezeki/Ilustrasi
Foto: wordpress.com
Rezeki/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Membaca kalimat thayyibah memiliki ragam manfaat. Salah satunya adalah mendekatkan seorang hamba dengan rezeki Allah. 

Kalimat thayyibah ialah segala ucapan yang menyeru kepada kebajikan dan mencegah kemungkaran serta perbuatan baik. Dari sekian banyak kalimat thayyibah, ada beberapa kalimat yang jika diucapkan ternyata dapat mendekatkan manusia dengan rezeki-Nya sehingga terkumpul. 

Baca Juga

Allah SWT berfirman dalam Alquran Surat Al Baqarah ayat 152:

فَاذْكُرُوْنِيْٓ اَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْا لِيْ وَلَا تَكْفُرُوْنِ 

"Fażkurūnī ażkurkum wasykurū lī wa lā takfurūn(i)."

Yang artinya, "Maka, ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku."

Dalam tafsir Kementerian Agama dijelaskan bahwa atas semua kenikmatan yang Allah berikan, sejatinya Allah menyuruh kaum muslim untuk selalu mengingat-Nya. Maka ingatlah kepada Allah, baik melalui lisan dengan melafalkan pujian (kalimat thayyibah), melalui hati dengan mengingat kekuasaan dan kebijaksanaan Allah, maupun melalui fisik dengan menaati Allah. 

Jika seorang hamba mengingat Allah, maka Allah berjanji akan ingat kepada hamba-Nya dengan melimpahkan pahala, pertolongan, dan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Setelah itu dianjurkan pula untuk bersyukur kepada nikmat Allah dengan menggunakannya di jalan-Nya. 

Kalimat thayyibah yang dapat membuat rezeki terkumpul

Maka dengan nikmat yang telah dianugerahkan Allah kepada kaum Muslimin, hendaklah mereka selalu ingat kepada-Nya, baik di dalam hati maupun dengan lisan. Berikut kalimat thayyibah yang dapat dibaca agar rezeki terkumpul. 

1. Mengingat Allah dengan jalan tahmid (membaca alhamdulillah)

2. Mengingat Allah dengan jalan tasbih (membaca subhanallah)

3. Mengingat Allah dengan tauhid (La ilaha illallah). 

Kemudian jangan lupa juga membaca Alquran dengan jalan memikirkan alam ciptaan-Nya untuk mengenal, menyadari dan meresapkan tanda-tanda keagungan, kekuasaan dan keesaan-Nya. 

Apabila seorang hamba selalu mengingat Allah, Allah pun akan selalu mengingat mereka pula. hendaklah mereka bersyukur kepada-Nya atas segala nikmat yang telah dianugerahkan-Nya dengan jalan melaksanakan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan-Nya dan dengan jalan memuji serta bertasbih dan mengakui kebaikan-Nya. Di samping itu, janganlah mereka mengkufuri nikmat-Nya dengan menyia-nyiakan dan mempergunakannya di luar garis-garis yang telah ditentukan-Nya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement