Senin 29 Jan 2024 12:17 WIB

Hadits Rasulullah SAW Ini Jadi Dasar untuk Dukung Palestina

Palestina akan terus mempertahankan kawasannya.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
Sebuah kendaraan lapis baja zionis Israel melewati seorang jamaah Muslim Palestina yang dilarang memasuki Masjid Al-Aqsa salat di luar Kota Tua Yerusalem, Jumat (10/11/2023).
Foto: AP Photo/Mahmoud illean
Sebuah kendaraan lapis baja zionis Israel melewati seorang jamaah Muslim Palestina yang dilarang memasuki Masjid Al-Aqsa salat di luar Kota Tua Yerusalem, Jumat (10/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Palestina sedang dijajah oleh Israel secara brutal. Bahkan, tentara Israel membunuh anak-anak dan wanita yang tidak memegang senjata. Kebrutalan Israel telah merusakan banyak hal di Palestina, mereka merusak masjid, gereja, rumah sakit, permukiman, sekolah, dan fasilitas umum lainnya.

Atas sikap Israel yang tidak berprikemanusiaan dan melanggar hukum internasional, dunia mengecam Israel. Termasuk pemerintah Indonesia dan mayoritas bangsa Indonesia mengecam Israel yang secara terang-terangan melakukan penjajahan dan melanggar hak asasi manusia (HAM).

Baca Juga

Berikut ini hadits-hadits Nabi Muhammad SAW yang bisa menjadi dasar mengapa kita harus mendukung perjuangan rakyat Palestina. Sebagaimana dikutip dari dalil dalam Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 83 Tahun 2023 tentang Hukum Dukungan Terhadap Perjuangan Palestina.

Hadis tentang larangan untuk berbuat kerusakan meskipun dalam berperang harus menjunjung adab dan etika, antara lain:

 

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ سعْدُ بْنِ سِنَانِ الْخُدْرِي رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلَّمَ قَالَ : لا ضَرَرَ وَلاَ ضِرَارَ حَدِيْثٌ حَسَنٌ رَوَاهُ ابْنُ مَاجَه وَالدَّارُقُطْنِي وَغَيْرُهُمَا مُسْتَداً، وَرَوَاهُ مَالِكَ فِي الْمُوَطَّأَ مُرْسَلاً عَنْ عَمْرُو بْنِ يَحْيَى عَنْ أَبِيْهِ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَسْقَطَ أَبَا سَعِيدٍ وَلَهُ طُرُقٌ يُقَوِّي بَعْضُهَا بَعْضاً.

Dari Abu Sa'id, Sa'ad bin Sinan Al Khudri ra, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, "Tidak boleh melakukan perbuatan (mudharat) yang mencelakakan diri sendiri dan orang lain." (Hadits hasan diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan Daruquthni serta selainnya dengan sanad yang bersambung, juga diriwayatkan oleh Imam Malik dalam Muwattho' secara mursal dari Amr bin Yahya dari bapaknya dari Rasulullah SAW, dia tidak menyebutkan Abu Sa'id. Akan tetapi dia memiliki jalan-jalan yang menguatkan sebagiannya atas sebagian yang lain).

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement