Ahad 28 Jan 2024 23:19 WIB

Sedang Naik Pitam atau Emosi tak Karuan? Baca Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW Ini

Rasulullah SAW mengajarkan doa ketika emosi naik

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Amarah.  Rasulullah SAW mengajarkan doa ketika emosi naik
Foto: Foto : MgRol_94
Ilustrasi Amarah. Rasulullah SAW mengajarkan doa ketika emosi naik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Adakalanya emosi seseorang naik karena satu dan lain hal. Islam mengajarkan agar menekan emosi marah dengan beragam cara, antara lain mulai dari wudhu, berpindah tempat atau gerakan, dan tentu yang tak bisa ditinggalkan juga adalah berdoa.

Lalu bagaimana bacaan doa yang telah diajarkan Rasulullah agar tidak mudah tersulut emosi?  Doa Rasulullah ini telah direkam dalam salah satu karya Imam An-Nawawi, yaitu , Al-Adzkar An-Nawawiyah. 

Baca Juga

Berikut bacaan doanya:

 اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ ذَنْبِيْ ، وَأَذْهِبْ غَيْظَ قَلْبِيْ ، وَأَجِرْنِيْ مِنَ الشَّيْطانِ 

Latin: Allahummaghfirli dzanbi, wa adzhib ghaizha qalbi, wa ajirni minas syaithan.

Artinya: “Tuhanku, ampunilah dosaku, redamlah murka hatiku, dan lindungilah diriku dari pengaruh setan”

Selain itu, orang yang sedang marah juga dianjurkan membaca ta’awudz seperti yang diajarkan Rasulullah, yaitu A'udzubillaahi minasy syaithanir rajim (Saya berlindung diri kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk). Bacaan ta’awudz ini ini akan membuat orang yang sedang marah tidak terjerumus ke dalam rayuan setan.

Dalam sebuah hadits dari Sulaiman bin Surd, ia menceritakan:

اسْتَبَّ رَجُلَانِ عِنْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَنَحْنُ عِنْدَهُ جُلُوسٌ وَأَحَدُهُمَا يَسُبُّ صَاحِبَهُ مُغْضَبًا قَدْ احْمَرَّ وَجْهُهُ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنِّي لَأَعْلَمُ كَلِمَةً لَوْ قَالَهَا لَذَهَبَ عَنْهُ مَا يَجِدُ لَوْ قَالَ أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ 

“Suatu hari saya duduk bersama Rasulullah SAW. Ketika itu ada dua orang yang saling memaki. Salah satunya telah merah wajahnya dan urat lehernya memuncak.

Kemudian Rasulullah bersabda: “Sungguh saya mengetahui ada satu kalimat, jika dibaca oleh orang ini, marahnya akan hilang. Jika dia membaca taawudz: A'udzubillaahi minasy syaithanir rajim, marahnya akan hilang". (HR Bukhari dan Muslim).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement