Ahad 28 Jan 2024 22:38 WIB

5 Fakta Seputar Bulan yang Disarikan dari Tafsir Al-Qamar 1-8

Surat Al-Qamar berbicara tentang ayat-ayat kauniyah

Rep: Imas Damayanti / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi bulan. Surat Al-Qamar berbicara tentang ayat-ayat kauniyah
Foto: Dom
Ilustrasi bulan. Surat Al-Qamar berbicara tentang ayat-ayat kauniyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Keberadaan bulan dalam sistem tata surya sangatlah penting bagi bumi. Bahkan pengaruh bulan sangat berdampak langsung bagi kehidupan manusia.

Alquran menjabarkan mengenai bulan melalui Surat al-Qamar ayat 1-8. Hal ini sebagaimana disampaikan dalam pengajian tafsir pada taklim bakda subuh oleh KH Didin Hafidhuddin yang disebarluaskan di grup WhatsApp Indef yang berisikan para ekonom dan jurnalis, dikutip Republika.co.id, Ahad (28/1/2024) . Surat al-Qamar ayat 1-8 tersebut sebagai berikut:

Baca Juga

اقْتَرَبَتِ السَّاعَةُ وَانْشَقَّ الْقَمَرُ وَإِنْ يَرَوْا آيَةً يُعْرِضُوا وَيَقُولُوا سِحْرٌ مُسْتَمِرٌّ وَكَذَّبُوا وَاتَّبَعُوا أَهْوَاءَهُمْ وَكُلُّ أَمْرٍ مُسْتَقِرٌّ وَلَقَدْ جَاءَهُمْ مِنَ الْأَنْبَاءِ مَا فِيهِ مُزْدَجَرٌ حِكْمَةٌ بَالِغَةٌ فَمَا تُغْنِ النُّذُرُ فَتَوَلَّ عَنْهُمْ يَوْمَ يَدْعُ الدَّاعِ إِلَىٰ شَيْءٍ نُكُرٍ خُشَّعًا أَبْصَارُهُمْ يَخْرُجُونَ مِنَ الْأَجْدَاثِ كَأَنَّهُمْ جَرَادٌ مُنْتَشِرٌ مُهْطِعِينَ إِلَى الدَّاعِ يَقُولُ الْكَافِرُونَ هَٰذَا يَوْمٌ عَسِرٌ

“Saat (hari Kiamat) semakin dekat, bulan pun terbelah. Dan jika mereka (orang-orang musyrikin) melihat suatu tanda (mukjizat), mereka berpaling dan berkata, "(Ini adalah) sihir yang terus menerus." Dan mereka mendustakan (Muhammad) dan mengikuti keinginannya, padahal setiap urusan telah ada ketetapannya. Dan sungguh, telah datang kepada mereka beberapa kisah yang di dalamnya terdapat ancaman (terhadap kekafiran), (itulah) suatu hikmah yang sempurna, tetapi peringatan-peringatan itu tidak berguna (bagi mereka), maka berpalinglah engkau (Muhammad) dari mereka pada hari (ketika) penyeru (malaikat) mengajak (mereka) kepada sesuatu yang tidak menyenangkan (hari pembalasan), pandangan mereka tertunduk, ketika mereka keluar dari kuburan, seakan-akan mereka belalang yang beterbangan. dengan patuh mereka segera datang kepada penyeru itu. Orang-orang kafir berkata, "Ini adalah hari yang sulit."

Kiai Didin menjelaskan bahwa Surat al-Qamar termasuk kelompok Surat Makkiyah, yang diturunkan di Makkah, umumnya dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran tauhid.

Kesadaran keimanan bagi kita kaum Muslimin, bahwa semua yang disampaikan Allah SWT melalui para Rasul, adalah kebenaran absolut, termasuk tentang Hari Kiamat.

Tidak ada kebahagiaan yang lebih hakiki, kecuali dengan berislam. Al-Qamar artinya adalah bulan, karena dengan adanya bulan menjadi tanda-tanda kehidupan. Paling tidak terdapat lima hal yang berkaitan dengan bulan. 

Bulan adalah planet yang sangat dekat dengan kehidupan manusia, paling melekat di dalam kehidupan. Jika bulan mendekati kiamat, maka akan hancur kehidupan, sebagaimana dijelaskan dalam Surat al-Qamar.

Pertama...

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement