Jumat 26 Jan 2024 17:28 WIB

Amalan yang Sering Dilakukan Ini Berfungsi Sebagai Istighfar 

Banyaklah mengerjakan sujud kepada Allah.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi ibadah di rumah.
Foto: Edwin Dwi Putranto/Republika
Ilustrasi ibadah di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ada amalan yang berfungsi sebagai istighfar yang dijelaskan dalam Alquran dan hadits Nabi Muhammad SAW. Astaghfirullahal 'adziim (aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung) disebut istighfar, maka istigfar bisa dikatakan sebagai upaya memohon kepada Allah agar dosa seorang hamba diampuni, ditutupi dan dimaafkan. 

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

Baca Juga

وَعَدَ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِۙ لَهُمْ مَّغْفِرَةٌ وَّاَجْرٌ عَظِيْمٌ

Wa‘adallāhul-lażīna āmanū wa ‘amiluṣ-ṣāliḥāt(i), lahum magfiratuw wa ajrun ‘aẓīm(un).

Allah telah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan beramal saleh (bahwa) bagi mereka ampunan dan pahala yang besar. (QS Al-Ma'idah Ayat 9)

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

فَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ لَهُمْ مَّغْفِرَةٌ وَّرِزْقٌ كَرِيْمٌ 

Fal-lażīna āmanū wa ‘amiluṣ-ṣāliḥāti lahum magfiratuw wa rizqun karīm(un).

Orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka ada ampunan dan rezeki yang mulia (halal dan memuaskan). (QS Al-Hajj Ayat 50)

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Jika seorang hamba Muslim atau Mukmin membasuh wajah, keluarlah segala kesalahan akibat pandangan kedua matanya bersama jatuhnya air, atau jatuhnya tetesan air terakhir. Jika dia membasuh kedua tangannya, keluarlah segala kesalahan yang diperbuat kedua tangannya bersama jatuhnya air, atau jatuhnya tetesan air terakhir. Jika ia membasuh kedua kakinya, keluarlah segala kesalahan yang diperbuat kakinya bersama jatuhnya air wudhu, atau jatuhnya tetesan terakhir dari air wudhu tersebut, sampai ia keluar (setelah mengerjakan wudhu) sebagai seorang yang suci dari dosa-dosa." (HR Imam Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu)

Dijelaskan Ahmad bin Abdullah Isa dalam buku Ensiklopedia Doa dan Wirid Shahih bahwa dalam hadits lain, dijelaskan bahwa mengerjakan sholat juga berfungsi sebagai istighfar.

الصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ وَالْجُمُعَةُ إِلَى الْجُمُعَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُنَّ مَا لَمْ تُعْشَ الْكَبَائِرُ

Rasulullah SAW bersabda, "Sholat lima waktu dan Jumat yang satu ke Jumat lainnya, adalah penebus segala dosa yang terjadi di antara keduanya, selama seorang hamba tidak tertutupi oleh dosa-dosa besar." (HR Imam Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu)

Dalam hadits lain, dijelaskan bahwa sujud juga berfungsi sebagai istighfar.

عَلَيْكَ بِكَثْرَةِ السُّجُودِ لِلَّهِ، فَإِنَّكَ لَا تَسْجُدُ لِلَّهِ سَحْدَةً إِلَّا رَفَعَكَ اللَّهُ بِهَا دَرَجَةً وَحَطْ عَنْكَ بِهَا خَطِيئَةٌ

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Banyaklah mengerjakan sujud kepada Allah. Ingatlah! Tidaklah engkau mengerjakan satu sujud kepada-Nya, kecuali Allah akan mengangkatmu satu derajat dan menghapuskan dosamu satu kesalahan." (HR Imam Muslim dari Tsauban Radhiyallahu anhu)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement