Selasa 23 Jan 2024 18:38 WIB

7 Fakta Seputar Kota Makkah yang Diabadikan Alquran dan Hadits

Makkah merupakan salah satu kota suci yang dimuliakan Allah SWT.

Ilustrasi Kota Makkah. Makkah merupakan salah satu kota suci yang dimuliakan Allah SWT
Foto: Republika/Fuji Eka Permana
Ilustrasi Kota Makkah. Makkah merupakan salah satu kota suci yang dimuliakan Allah SWT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Alquran mengabadikan sejumlah fakta seputar Kota Makkah. Fakta tersebut terekam dalam sejumlah ayat Alquran di berbagai suratnya. 

Republika.co.id, menginventarisasi sejumlah fakta terkait Kota Makkah yang diabadikan dalam Alquran, yaitu sebagai berikut:   

Baca Juga

1. Kendati merupakan daerah yang gersang, kering, tandus, dan lahannya yang tak mampu ditanami, ternyata Kota Makkah justru terkenal sebagai kota yang paling aman dan penuh dengan rezeki. Inilah janji Allah SWT sebagaimana termaktub dalam Alquran surat Quraisy ayat 1-4.

لِإِيلَافِ قُرَيْشٍ إِيلَافِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاءِ وَالصَّيْفِ فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ هَٰذَا الْبَيْتِ الَّذِي أَطْعَمَهُمْ مِنْ جُوعٍ وَآمَنَهُمْ مِنْ خَوْفٍ

''Karena kebiasaan orang-orang Quraisy, (yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin (ke Syam) dan musim panas (ke Yaman). Maka, hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik Rumah ini (Kabah). Yang telah memberi makanan pada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan.''

2. Nabi Nabi Ibrahim AS berdoa secara khusus agar Kota Makkah dilindungi Allah SWT.

وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ اجْعَلْ هَٰذَا بَلَدًا آمِنًا وَارْزُقْ أَهْلَهُ مِنَ الثَّمَرَاتِ مَنْ آمَنَ مِنْههُمْ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ۖ قَالَ وَمَنْ كَفَرَ فَأُمَتِّعُهُ قَلِيلًا ثُمَّ أَضْطَرُّهُ إِلَىٰ عَذَابِ النَّارِ ۖ وَبِئْسَ الْمَصِيرُ

''Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berdoa, 'Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini, negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezeki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman di antara mereka kepada Allah dan hari kemudian'. Allah berfirman: 'Dan kepada orang yang kafir pun Aku beri kesenangan sementara, kemudian Aku paksa ia menjalani siksa neraka dan itulah seburuk-buruk tempat kembali'" (QS Al Baqarah [2]: 126).

رَبَّنَا إِنِّي أَسْكَنْتُ مِنْ ذُرِّيَّتِي بِوَادٍ غَيْرِ ذِي زَرْعٍ عِنْدَ بَيْتِكَ الْمُحَرَّمِ رَبَّنَا لِيُقِيممُوا الصَّلَاةَ فَاجْعَلْ أَفْئِدَةً مِنَ النَّاسِ تَهْوِي إِلَيْهِمْ وَارْزُقْهُمْ مِنَ الثَّمَرَاتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُونَ

''Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur'' (QS Ibrahim [14] : 37).

3. Peran Kota Makkah sebagai terminal perdagangan dan pusat perekonomian di wilayah jazirah Arab juga didukung oleh keberadaan sumur zamzam dan Kabah sebagai bait suci. 

 

 

Di sinilah semua suku ...

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement