Kamis 18 Jan 2024 05:01 WIB

Mengapa Membaca Basmalah saat Awali Aktivitas?

Adapun keutamaan bacaan basmalah adalah cukup banyak.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Basmalah (ilustrasi).
Foto: parisnajd.com
Basmalah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Membaca basmalah (bismillahirrahmanirahim) ternyata memiliki keutamannya tersendiri. Maka sangat disayangkan sekali apabila umat Islam melakukan suatu aktivitas atau sedang berdoa tanpa mengawalinya dengan basmalah.  

Apalagi membaca basmalah dalam memulai segala aktivitas secara langsung diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dalam buku Tafsir Tahlili Surat Al-Fatihah karya Ahmad Sarwat dijelaskan, kata ism yang merupakan bagian dari basmalah memiliki arti nama. 

Baca Juga

Makna ismullah berarti nama Allah yang maksudnya adalah Allah itu sendiri. Dan nama Allah SWT adalah nama-nama yang baik sebagaimana disebutkan di dalam Alquran.

Allah berfirman dalam Surat Al A'raf ayat 180:

وَلِلّٰهِ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰى فَادْعُوْهُ بِهَاۖ وَذَرُوا الَّذِيْنَ يُلْحِدُوْنَ فِيْٓ اَسْمَاۤىِٕهٖۗ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ ۖ 

"Wa lillāhil-asmā`ul-ḥusnā fad'ụhu bihā wa żarullażīna yul-ḥidụna fī asmā`ih, sayujzauna mā kānụ ya'malụn."

Yang artinya, "Allah memiliki Asmaulhusna (nama-nama yang terbaik). Maka, bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut (Asmaulhusna) itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan atas apa yang telah mereka kerjakan."

Dalam sebuah hadits, Nabi juga pernah bersabda, “Inna lillahi tis’atan wa tis’ina-sman man ahshaaha dakhala al-jannata." 

Yang artinya, “Allah mempunyai 99 nama, siapa yang menghitungnya maka dia masuk surga."

Adapun keutamaan bacaan basmalah adalah cukup banyak. Di antaranya sebagaimana yang dikatakan Nabi dalam sebuah hadits, “Kullu amrin dzi baalin laa yubda-u fihi bibismillahirrahmanirahim fahuwa aqtha’u." 

Yang artinya, “Semua amalan apabila tidak diawali dengan bismillahirahmanirahim, maka terputus."

Bahkan Rasulullah SAW melarang orang-orang yang memakan binatang ternak yang dilakukan dengan menyembelihnya tanpa menyebut basmalah. Nabi berkata,  “Wa la ta’kuluu mimma lam yudzkaru-smallahi alaihi wa innahu lafasiqun."

Yang artinya, “Dan janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah (basmalah) ketika menyembelihnya. Sesungguhnya perbuatan yang semacam itu adalah suatu kefasikan."

Anjuran berdoa

Mengenai anjuran dan juga keutamaan membaca doa-doa harian, yakni sesungguhnya dengan berdoa, Allah dapat menghapuskan kesulitan, memberikan kemudahan, dan meluaskan hati orang-orang yang beriman. 

Tak hanya itu, doa juga merupakan ibadah sebagaimana yang pernah disampaikan Rasulullah. Nabi bersabda, "Addu'a huwal ibadah." Yang artinya, "Doa itu adalah ibadah."

Bahkan Allah SWT berfirman dalam Alquran Surah Al Ghafir ayat 60, "Wa qoola Rabbukumud 'uuniii astajib lakum; innal laziina yastakbiruuna an 'ibaadatii sa yadkhuluuna jahannama daakhiriin."

Yang artinya, "Dan Tuhanmu berfirman, "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina."

Selain itu, keutamaan lainnya dari membaca doa adalah sebagaimana yang disampaikan Rasulullah, "Laisa syaiun akrama alallahi ta'ala minaddu'a." Yang artinya, "Tiada yang lebih mulia di hadapan Allah selain doa."

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement