Selasa 16 Jan 2024 20:25 WIB

Doa Buka Puasa Rajab, Samakah dengan Doa Puasa Ramadhan? 

Bulan Rajab adalah salah satu bulan dalam kalender Hijriah.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Amalan-amalan Bulan Rajab
Foto: Republika
Amalan-amalan Bulan Rajab

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Bulan Rajab adalah salah satu bulan dalam kalender Hijriah, yang merupakan bulan ke-7. Ini adalah salah satu dari empat bulan suci dalam Islam, bersama dengan Dzulqadah, Dzulhijjah, dan Muharram.

Bulan Rajab tahun ini berlangsung pada 13 Januari-10 Februari 2024. Bulan Rajab memiliki keistimewaan dan disunahkan untuk memperbanyak amal ibadah selama bulan ini, meskipun tidak diwajibkan seperti pada bulan Ramadhan. 

Baca Juga

Salah satu amalan yang banyak dikerjakan umat Islam di bulan Rajab, di antaranya adalah puasa sunnah. Seperti halnya puasa Ramadhan, puasa sunnah Rajab juga dikerjakan mulai dari terbitnya Matahari hingga terbenamnya matahari. 

Keutamaan puasa sunnah ini banyak termuat dalam hadits nabi. Di antaranya adalah sebagai berikut: 

إِنَّ فِي الْجَنَّةِ نَهْراً يُقَالُ لَهُ رَجَبٌ مَاؤُهُ أَشَدُّ بَيَاضاً مِنَ اللَّبَنِ، وَأَحْلَى مِنَ العَسَلِ، مَنْ صَامَ مِنْ رَجَبٍ يَوْماً وَاحِداً سَقَاهُ اللهُ مِنْ ذَلِكَ النَّهْرِ

Artinya, “Sesungguhnya di surga ada sungai yang disebut dengan sungai ‘Rajab.’ Airnya lebih putih dari susu dan lebih manis dari madu. Barangsiapa berpuasa satu hari pada bulan Rajab, maka Allah akan memberikan minum kepadanya dari air sungai tersebut.”

Setelah berpuasa seharian penuh, orang yang berpuasa Rajab juga akan melaksanakan buka puasa. Saat berpuka puasa, umat Islam pun dianjurkan untuk membuka doa. 

Dalam Islam memang tidak ada penerapan khusus untuk berbuka puasa di bulan Rajab.  Namun, umat Islam bisa menggunakan doa-doa umum untuk berbuka puasa. Redaksi doa ini juga sama dengan doa buka puasa pada bulan Ramadhan. 

Doa buka puasa Rajab dibaca sesaat sebelum membatalkan puasa. Berikut bacaannya: 

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلى رِزْقِكَ أفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمأُ وابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأجْرُ إِنْ شاءَ اللَّهُ 

Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika afthartu dzahaba-dh-dhama’u wabtalatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah

Artinya: “Ya Allah, untuk-Mulah aku berpuasa, atas rezekimulah aku berbuka. Telah sirna rasa dahaga, urat-urat telah basah, dan (semoga) pahala telah ditetapkan, insyaaallah

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement