Jumat 12 Jan 2024 01:05 WIB

Surat At Talaq Ayat 2: Ayat Alquran Kunci Mengatasi Masalah Hidup

Kunci pertama dalam mendatangkan rezeki adalah ketakwaan kepada Allah SWT.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Taqwa / takwa (ilustrasi)
Foto:

Jangan pernah jenuh dan kesal pada qadha dan qadhar-Nya. Apa yang Allah SWT tetapkan adalah rahmat, mengandung hikmah, dan mashalat. Seorang hamba harus tetap berjuang di jalan Allah SWT dan perjuangan ini akan mendapatkan balasannya. Maka, berjuanglah dalam menemukan pekerjaan yang tepat, jangan pernah bosan.

Pada prinsipnya, faktor utama melimpahnya rezeki adalah takwa kepada Allah SWT. Karena itu, bertobatlah kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang dilakukan, dan jangan batasi diri dengan hanya minta ampun secara lisan. Sebab, tobat yang sebenar-benarnya adalah yang istiqomah dalam ketakwaan. Ini adalah salah satu sumber rezeki yang paling besar.

Allah SWT berfirman, "...Siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan membukakan jalan keluar untuknya, Dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Dan siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu." (QS At-Thalaq ayat 2-3)

Dalam ayat lain, Allah SWT berfirman:

وَلَوْ اَنَّ اَهْلَ الْقُرٰٓى اٰمَنُوْا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكٰتٍ مِّنَ السَّمَاۤءِ وَالْاَرْضِ وَلٰكِنْ كَذَّبُوْا فَاَخَذْنٰهُمْ بِمَا كَانُوْا يَكْسِبُوْنَ

"Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi ternyata mereka mendustakan (ayat-ayat Kami), maka Kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan." (QS. Al A'raf ayat 96)

Kunci pertama dalam mendatangkan rezeki adalah ketakwaan kepada Allah SWT. Takwa kepada Allah berarti melakukan apa yang diperintahkan-Nya dan menjauhi apa yang dilarang-Nya.

Takwa ibarat dinding yang memberikan perlindungan agar tidak terjerumus ke dalam sesuatu yang menjauhkannya dari jalan kebenaran. Takwa juga merupakan perlindungan dan kekokohan hati untuk mentaati perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Takwa adalah solusi dari setiap musibah, kesusahan, dan kelelahan yang menimpa seorang Muslim.

sumber : Aljazirah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement