Kamis 11 Jan 2024 13:18 WIB

Hikmah Diciptakannya Surga dan Neraka untuk Manusia

Allah menghadirkan surga dan neraka sebagai bentuk ganjaran.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi Surga
Foto: Pixabay
Ilustrasi Surga

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Allah menghadirkan surga dan neraka sebagai bentuk ganjaran atas perbuatan manusia di muka bumi. Lantas, apa hikmah diciptakannya surga neraka? 

Prof Komaruddin Hidayat dalam bukunya berjudul Ungkapan Hikmah: Membuka Mata, Menangkap Makna disebutkan, gambaran surga dan neraka bagi manusia sangat diperlukan. Apalagi bagi orang tua, konsep surga dan neraka perlu diperkenalkan sedari dini kepada anak guna memberikan informasi mengenai konsep keberadaan surga dan neraka. 

Baca Juga

Pengenalan konsep surga dan neraka sedari dini tersebut memiliki batasan baik dan buruk dalam menjalani hidup. Namun demikian, para orang tua jangan sampai menciptakan konsep Tuhan dengan gambaran yang seram. Apalagi sebagaimana lumrah diketahui dan kerap disebutkan di Alquran, rahmat dan kasih sayang Allah itu sangatlah besar.

Luasnya rahmat Allah ini sebagaimana termaktub Surat Al Mukmin ayat 7-8:

 رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْءٍ رَحْمَةً وَعِلْمًا فَاغْفِرْ لِلَّذِينَ تَابُوا وَاتَّبَعُوا سَبِيلَكَ وَقِهِمْ عَذذَابَ الْجَحِيمِ رَبَّنَا وَأَدْخِلْهُمْ جَنَّاتِ عَدْنٍ الَّتِي وَعَدْتَهُمْ وَمَنْ صَلَحَ مِنْ آبَائِهِمْ وَأَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيَّاتِهِمْ ۚ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

"Robbana wasi'ta kulla syai'in rohmatan wa ilman faghfir lilladzina taabuu wattaba'u sabilaka waqihim adzabal jahim. Robbana wa adkhilhum jannati adnin allati wa adatahum wa man sholaha min aabaa-ihim wa azwaajihim wa dzurriyatihim innaka antal azizul hakim."

Yang artinya, "Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu-Mu meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertauba dan mengikuti jalan-Mu serta peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala. 

Ya Tuhan kami, masukkanlah mereka ke dalam surga yang Engkau janjikan kepada mereka dari orang-orang shalih di antara bapak-bapak mereka, istri-istri mereka, dan keturunan mereka semua. Sungguh Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. Dan peliharalah mereka dari balasan kejahatan."

Sehingga memperkenalkan konsep Tuhan (Allah) yang menyeramkan,  tanpa sadar akan menciptakan generasi-generasi penakut. Konsep surga dan neraka juga mengajarkan adanya pembiasaan terhadap konsep reward and punishment.  

Untuk itulah konsep surga dan neraka tetap harus ada. Upaya ini dilakukan agar generasi Islam mempunyai rasa tanggung jawab atas setiap perbuatan yang dilakukannya. Lebih jauh lagi diharapkan agar generasi Islam akan memiliki kesadaran bahwa dalam setiap perbuatan selalu mengandung resiko dan akibat.

Agama tidak menyeramkan

Meski konsep neraka dan surga mengajarkan pembuktian adanya ganjaran dari perbuatan, namun yang perlu ditekankan adalah sesungguhnya ajaran agama itu tidak menyeramkan. Untuk itu, bersahabat dengan Allah SWT dengan menjauhi larangan-larangan-Nya menjadi kunci utama yang perlu diperkenalkan kepada anak. Bersahabat dengan Allah SWT dalam laku kesaharian, adalah berupaya amar ma’ruf nahi munkar.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement