Senin 08 Jan 2024 20:15 WIB

Kaitan Tobat dan Rezeki Berlimpah Menurut Tafsir Ibnu Katsir dan Al Qurtubi

Tobat merupakan permulaan untuk meninggalkan kenikmatan dunia dan beralih ke akhirat.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Erdy Nasrul
Waktu terbaik bertobat.
Foto: republika
Waktu terbaik bertobat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran mengabadikan perintah Nabi Hud AS kepada kaumnya untuk bertobat kepada Allah SWT. Hal ini diabadikan dalam Surat Hud ayat 52. Allah SWT berfirman:

وَيٰقَوْمِ اسْتَغْفِرُوْا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوْبُوْٓا اِلَيْهِ يُرْسِلِ السَّمَاۤءَ عَلَيْكُمْ مِّدْرَارًا وَّيَزِدْكُمْ قُوَّةً اِلٰى قُوَّتِكُمْ وَلَا تَتَوَلَّوْا مُجْرِمِيْنَ

Baca Juga

"Dan (Hud berkata), “Wahai kaumku! Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras, Dia akan menambahkan kekuatan di atas kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling menjadi orang yang berdosa.” (QS. Hud ayat 52)

Ulama Tafsir, Ibnu Katsir menyampaikan penjelasan atas ayat tersebut, bahwa Nabi Hud AS memerintahkan umatnya untuk memohon ampunan kepada Allah. Ini berarti permohonan untuk menebus dosa-dosa mereka di masa lalu, dan bertobat atas apa yang mereka telah lewati.

 

Dalam tafsirnya itu, Ibnu Katsir mengatakan:

 ومن اتصف بهذه الصفة يسَّر الله عليه رزقه، وسهَّل عليه أمره، وحفظ شأنه" أهـ.

"Dan siapapun yang memiliki sifat tersebut (memohon ampunan dan bertobat), maka Allah akan memudahkan rezekinya, memudahkan berbagai permasalahannya, dan memelihara segala urusannya."

Dalam Surat lain, juga dipaparkan tentang kaitan antara tobat dan kemudahan rezeki. Ini ada dalam Surat Nuh ayat 10-12. Allah SWT berfirman:

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوْا رَبَّكُمْ اِنَّهٗ كَانَ غَفَّارًاۙ يُّرْسِلِ السَّمَاۤءَ عَلَيْكُمْ مِّدْرَارًاۙ وَّيُمْدِدْكُمْ بِاَمْوَالٍ وَّبَنِيْنَ وَيَجْعَلْ لَّكُمْ جَنّٰتٍ وَّيَجْعَلْ لَّكُمْ اَنْهٰرًاۗ

"Maka aku berkata (kepada mereka), “Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, Sungguh, Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu." (QS. Nuh ayat 10-12)

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement