Ahad 07 Jan 2024 07:51 WIB

Rahasia di Balik Ayat Pertama Surat Al-Humazah yang Diturunkan di Makkah  

Surat Al-Humazah merupakan peringatan untuk para pencela

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Alquran (ilustrasi). Surat Al-Humazah merupakan peringatan untuk para pencela
Foto: Republika.co.id
Alquran (ilustrasi). Surat Al-Humazah merupakan peringatan untuk para pencela

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Surat Al-Humazah terdiri dari sembilan ayat dan termasuk golongan surat-surat Makkiyyah, yakni ayat-ayat Alquran yang diturunkan di Makkah. Surat Al-Humazah dinamai "Al Humazah" yang memiliki arti pengumpat, diambil dari kata "Humazah" yang terdapat pada ayat pertama surat ini.

Pokok-pokok isi Surat Al-Humazah adalah ancaman Allah SWT terhadap orang-orang yang suka mencela orang lain, suka mengumpat dan suka mengumpulkan harta, tapi tidak menafkahkan hartanya di jalan Allah SWT. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

Baca Juga

وَيْلٌ لِكُلِّ هُمَزَةٍ لُمَزَةٍ “Celakalah setiap pengumpat lagi pencela.” (QS Al-Humazah Ayat 1)

Tafsir Kementerian Agama menerangkan bahwa dalam ayat ini, Allah SWT mengancam bahwa kemurkaan dan azab-Nya akan ditimpakan kepada setiap orang yang mengumpat, mencela, dan menyakiti mereka baik di hadapan maupun di belakang mereka. 

Mengenai mencela dan menyakiti orang lain di belakang orang yang bersangkutan. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman: 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

"Wahai orang-orang yang beriman, jauhilah banyak prasangka! Sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa. Janganlah mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Bertakwalah kepada Allah! Sesungguhnya Allah Mahapenerima tobat lagi Mahapenyayang." (QS Al-Hujurat ayat 12)

Baca juga: Punya Utang Menumpuk? Baca Doa Ini, Insya Allah Ikhtiar Cepat Lunas

Dikutip dari buku Alquran dan Terjemahannya yang dianjurkan oleh Pelayan Dua Tanah Suci, Raja Fahd Ibn Abdal Aziz Al Saud, Raja Kerajaan Arab Saudi untuk dicetak. Dijelaskan bahwa dalam Surat Al-Humazah, orang-orang yang suka mencela orang lain, suka memfitnah dan suka mengumpulkan harta tapi tidak dinafkahkan di jalan Allah SWT, akan diazab. 

Dikutip dari Tafsir Al-Mishbah yang ditulis Prof KH Quraish Shihab, dijelaskan bahwa ulama sepakat menyatakan bahwa Surat Al-Humazah ini turun di Makkah sebelum Nabi Muhammad SAW berhijrah ke Madinah.

Sejumlah kaum musyrikin melakukan penghinaan dan melemparkan aneka isu terhadap kaum Muslimin yang mengundang turunnya surat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement