Jumat 05 Jan 2024 23:25 WIB

Ucapkan Qaddarallah Wa Ma Syaa Faal Saat Hadapi Musibah, Ini Maksudnya

Islam mengajarkan kalimat thayyibah saat hadapi musibah

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi berdoa. Islam mengajarkan kalimat thayyibah saat hadapi musibah
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Ilustrasi berdoa. Islam mengajarkan kalimat thayyibah saat hadapi musibah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dalam hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW juga bersabda tentang kalimat yang harus dihindari jika mengalami sebuah bencana. Ini dijelaskan oleh Imam Nawawi dalam Al-Adzkaar. 

Nabi SAW bersabda, "Seorang mukmin yang kuat itu lebih baik dan dicintai oleh Allah daripada Mukmin yang lemah, meski keduanya sama-sama baik (karena imannya). Berusaha keraslah untuk mendapatkan sesuatu yang bermanfaat untukmu dan memohonlah pertolongan kepada Allah serta jangan menjadi orang yang lemah.

Baca Juga

Jika suatu musibah menimpamu, maka janganlah berkata 'Andai aku berbuat demikian tentu hasilnya tidak akan begini dan begini'. Namun, (jika suatu musibah datang), ucapkanlah: 

قَدَّرَ اللهُ وَمَاشَاءَ فَعَلَ

Latin:

Qoddarolloohu wa maa syaa'a fa'ala

Terjemah:

"Ini merupakan takdir Allah dan apa saja yang Dia kehendaki pasti itulah yang terjadi."   

Seorang mukmin pun perlu mengutamakan sikap sabar dalam menghadapi berbagai masalah atau musibah yang dialaminya. 

Dengan demikian, dia akan diganjar pahala orang-orang yang bersabar dan bersyukur. Dari jalur Syuhaib RA, Rasulullah SAW bersabda: 

عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

"Sungguh luar biasa urusan seorang Mukmin itu. Seluruh urusannya itu baik, dan hal itu tidak didapatkan kecuali oleh seorang mukmin. Jika mendapat nikmat dia bersyukur dan itu baik baginya. Jika mendapat musibah dia sabar dan itu baik baginya." (HR Muslim)

Dalam Alquran dikatakan bahwa orang beriman yang senantiasa bersyukur atas segala sesuatu kepada Allah SWT diganjar kebaikan. Karena Allah SWT senang kepada mereka yang bersyukur. Ketika ada hamba yang bersyukur maka Allah SWT pun akan menambah nikmat-Nya. Allah SWT berfirman:

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِييْدٌ

"Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat." (QS Ibrahim ayat 7)

Anjuran berdoa..

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement