Kamis 04 Jan 2024 00:21 WIB

Hadits Tentang Istighfar yang Bisa Beri Solusi dan Rezeki

Istighfar merupakan ungkapan permohonan ampunan.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
Istighfar, memohon ampun dari segala dosa.
Foto: Republika/Yasin Habibi
Istighfar, memohon ampun dari segala dosa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Istighfar adalah kalimat Astagfirullahaladzim (Aku mohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung). Dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa orang yang selalu mengucapkan istighfar akan selalu mendapatkan solusi dari sebuah masalah dan mendapatkan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.

Hadits yang diriwayatkan Sulaiman bin Al-Asy'as bin Ishak bin Basyir bin Syidad bin Amar Al-Azdi As-Sijistani yang dikenal sebagai Imam Abu Dawud ini menjelaskan bahwa siapapun yang selalu mengucapkan istighfar, maka Allah akan memberi solusi atau jalan keluar dari setiap kesulitan. Allah juga akan memberikan kelapangan dari segala kegundahan. Bahkan Allah akan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.

Baca Juga

حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ حَدَّثَنَا الْحَكَمُ بْنُ مُصْعَبٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبَّاسٍ عَنْ أَبِيهِ أَنَّهُ حَدَّثَهُ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّهُ حَدَّثَهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ لَزِمَ الِاسْتِغْفَارَ جَعَلَ اللَّهُ لَهُ مِنْ كُلِّ ضِيقٍ مَخْرَجًا وَمِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

Ibnu Abbas menyampaikan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, "Siapapun yang senantiasa beristighfar, maka Allah pasti akan selalu memberikannya jalan keluar dari setiap kesempitan dan kelapangan dari segala kegundahan serta Allah akan memberikan rezeki kepadanya dari arah yang tidak disangka-sangka." (Abu Dawud)

Hadits yang diriwayatkan Abdullah Muhammad bin Yazid bin Majah ar-Rabi'i Al-Qazwini atau Imam Ibnu Majah juga menyampaikan hal yang sama dengan hadits yang diriwayatkan Imam Abu Dawud.

حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ حَدَّثَنَا الْحَكَمُ بْنُ مُصْعَبٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَلِيِّ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبَّاسٍ أَنَّهُ حَدَّثَهُ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ لَزِمَ الِاسْتِغْفَارَ جَعَلَ اللَّهُ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا وَمِنْ كُلِّ ضِيقٍ مَخْرَجًا وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

Abdullah bin Abbas menyampaikan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Siapapun yang menekuni istighfar, Allah akan menjadikan dari setiap kesedihan kelonggaran, dan dari setiap kesempitan jalan keluar dan memberi rezeki kepadanya dari arah yang tidak disangka-sangka." (Ibnu Majah)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement