Rabu 03 Jan 2024 11:48 WIB

Pakaian Terbaik dalam Tafsir Al-Araf Ayat 26

Pakaian hendaknya menutup aurat manusia.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Alquran (ilustrasi).
Foto: Dok Republika
Alquran (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Pakaian yang dikenakan laki-laki dan perempuan muslim, hendaknya yang mampu menutup aurat mereka. Batas aurat laki-laki adalah dari pusar hingga lutut, sedangkan aurat perempuan adalah seluruh anggota tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.

Dalam surat al -araf ayat 26 disebutkan tentang dua jenis pakaian yang bisa digunakan oleh seorang Muslim, yakni pakaian untuk menutup aurat dan pakaian untuk perhiasan. Tapi dari dua jenis pakaian itu,  Allah lebih menyukai pakaian takwa.

Baca Juga

يَا بَنِي آدَمَ قَدْ أَنزلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَارِي سَوْآتِكُمْ وَرِيشًا وَلِبَاسُ التَّقْوَى ذَلِكَ خَيْرٌ ذَلِكَ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ

Artinya: “Wahai anak cucu Adam, sungguh Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi auratmu dan bulu (bahan pakaian untuk menghias diri). (Akan tetapi) pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagian dari tanda-tanda (kekuasaan) Allah, agar mereka selalu ingat.”

Ayat ini merupakan pesan tentang nikmat Allah kepada manusia, antara lain menyediakan pakaian yang dapat menutup aurat dan peringatan agar tidak terjerumus pada rayuan setan, serta perintah Allah untuk berhias ketika beribadah kepada Allah.

Tafsir Al-Misbah menyebutkan, ayat ini berpesan Hai anak-anak Adam, yakni manusia putra putri Adam sejak putra pertama hingga anak terakhir dari keturunannya sesungguhnya Kami Tuhan Yang Maha Kuasa telah menurunkan kepada kamu pakaian, yakni menyiapkan bahan pakaian untuk menutupi aurat-aurat kamu, yakni aurat lahiriah serta kekurangan-kekurangan batiniah yang dapat kamu gunakan sehari-hari, dan menyiapkan pula bulu, yakni bahan-bahan pakaian indah untuk menghiasi diri kamu dan yang kamu gunakan dalam peristiwa-peristiwa istimewa. Dan di samping itu ada lagi yang Kami anugerahkan yaitu pakaian takwa. Itulah pakaian yang terpenting dan yang paling baik. Yang demikian itu, yakni penyiapan aneka bahan pakaian adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan, yakni dimaksudkan dari penyiapan pakaian itu adalah agar mereka selalu ingat, kepada Allah swt dan nikmat-nikmat-Nya.

Thahir Ibnu Asyur mengatakan, melalui ayat ini Allah mengilhami Adam agar menutup auratnya, untuk kemudian ditiru oleh anak cucunya. Manusia seluruhnya diingatkan tentang nikmat itu untuk mengingat bahwa itu adalah warisan dari Adam as.,

Sedangkan menurut Thabathabi, mengatakan bahwa pada penutup ayat ini disebutkan Yang demikian itu adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat. sebagai isyarat terhadap fungsi pakaian ruhani dalam menghindarkan manusia dari keperihan dan siksa akibat terbukanya aurat tersebut dalam arti, bahwa pakaian yang ditemukan manusia untuk memenuhi kebutuhan menutup auratnya adalah bukti kekuasaan Allah yang bila diperhatikan oleh manusia akan mengantarnya menyadari bahwa ia juga memiliki aurat batiniahnya yaitu keburukan-keburukan nafsu yang buruk pula bila terbuka. Menutupnya merupakan hal yang lebih penting daripada menutup aurat lahiriah. Penutup aurat batiniah itulah pakaian takwa yang diperintahkan Allah dan dijelaskan oleh Rasul-Nya saw.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement