Senin 01 Jan 2024 11:10 WIB

Mengapa Allah tidak Memberi Tahu Waktu Pasti Datangnya Kiamat?

Sungguh, Allah tidak menyalahi janji.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi kiamat.
Foto: Republika.co.id
Ilustrasi kiamat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umat Islam diberi informasi mengenai tanda-tanda kiamat. Baik itu tanda kiamat yang kecil (sugra) maupun yang besar (kubra). Mengapa Allah tidak memberitahukan informasi mengenai waktu pasti datangnya kiamat?

Dalam buku Prediksi Akhir Zaman karya Muhammad Abduh Tuasikal dijelaskan, tanda-tanda kiamat sugra pernah terjadi dan bahkan ada yang terulang. Misalnya, tanda kiamat sugra yang pernah terjadi dan telah berakhir adalah diutusnya Nabi Muhammad SAW dan terbelahnya bulan.

Baca Juga

Adapun tanda kiamat sugra yang terus-menerus terjadi dan berulang contohnya adalah menyerahkan amanah kepada orang yang bukan ahlinya. Lalu, muncul para pendusta yang mengaku sebagai Nabi, munculnya wanita-wanita yang berpakaian namun hakikatnya telanjang, serta merebaknya perzinahan.

Meski demikian, tanda-tanda kiamat sugra yang belum terjadi ada juga. Contohnya adalah tanah di Jazirah Arab menjadi subur dan penuh pengairan. Perlu dipahami hari kiamat dan hancurnya dunia adalah suatu hal yang pasti terjadi dan wajib dipercaya umat Islam.

Tanda kiamat kubra

Munculnya Dajjal. Dijelaskan bahwa Dajjal bisa muncul dalam berbagai rupa, misalnya di masa kini Dajjal dapat muncul sebagai Nabi palsu yang bahkan telah muncul juga di zaman Nabi Muhammad SAW.

Nabi palsu yang dimaksud...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement