Jumat 29 Dec 2023 22:51 WIB

Allah SWT Berikan Siapa Pun Rezeki, Tapi Perkara yang Satu Ini Belum Tentu Semua Dapat

Allah SWT adalah Maha Pemurah rezeki untuk semua hamba.

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi berdoa. Allah SWT adalah Mahapemurah rezeki untuk semua hamba
Foto: ANTARA FOTO/Ampelsa
Ilustrasi berdoa. Allah SWT adalah Mahapemurah rezeki untuk semua hamba

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Allah SWT memberi rezeki kepada orang yang disukai dan tidak disukai-Nya. Tapi Allah SWT tidak memberikan iman kecuali kepada orang yang disukai-Nya. 

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Al Hakim dalam kitab Al Mustadrak ‘ala Shahihain dijelaskan bahwa: 

Baca Juga

 

 عَنْ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ، عَنْ زُبَيْدٍ، عَنْ مُرَّةَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِنَّ اللَّهَ قَسَمَ بَيْنَكُمْ أَخْلَاقَكُمْ كَمَا قَسَمَ بَيْنَكُمْ أَرْزَاقَكُمْ، وَإِنَّ اللَّهَ يُعْطِي الدُّنْيَا مَنْ يُحِبُّ وَمَنْ لَا يُحِبُّ، وَلَا يُعْطِي الْإِيمَانَ إِلَّا مَنْ يُحِبُّ 

 

"Dari Sufyan ats-Tsauri dari Zabid dari Murrah dari Abdullah, dia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, 'Sesungguhnya Allah membagi-bagi di antara kalian akhlak-akhlak kalian, sebagaimana Dia membagi-bagi rezeki kalian di antara kalian. Sesungguhnya Allah memberikan dunia kepada orang yang disukai-Nya dan yang tidak disukai-Nya, tapi Dia tidak memberikan iman kecuali kepada orang yang disukai-Nya'" (HR Imam Al Hakim).

 

Hadits serupa dengan redaksi sedikit berbeda juga diriwayatkan Imam Al-Hakim.

عَنْ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ، عَنْ زُبَيْدٍ، عَنْ مُرَّةَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: إِنَّ اللَّهَ قَسَمَ بَيْنَكُمْ أَخْلَاقَكُمْ كَمَا قَسَمَ بَيْنَكُمْ أَرْزَاقَكُمْ، وَإِنَّ اللَّهَ يُعْطِي الْمَالَ مَنْ يُحِبُّ وَمَنْ لَا يُحِبُّ، وَلَا يُعْطِي الْإِيمَانَ إِلَّا مَنْ يُحِبُّ، وَإِذَا أَحَبَّ اللَّهُ عَبْدًا أَعْطَاهُ الْإِيمَانَ 

 

"Dari Sufyan Ats-Tsauri dari Zubaid dari Murrah dari Abdullah bin Mas'ud berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, 'Sesungguhnya Allah membagi-bagi di antara kalian akhlak kalian, sebagaimana Dia membagi-bagi rezeki kalian di antara kalian. Sesungguhnya Allah memberi dunia kepada orang yang disukai-Nya dan yang tidak disukai-Nya, tapi Dia tidak memberikan iman kecuali kepada orang yang disukai-Nya. Apabila Allah menyukai seorang hamba maka Dia akan memberikan keimanan kepadanya'" (HR Imam Al Hakim).

Baca juga: Alquran Abadikan Tingkah Laku Yahudi yang Bodoh tapi Berlagak Pintar

 

 

Dari dua hadits di atas dapat dipahami bahwa Allah SWT hanya memberikan iman kepada orang yang disukai oleh-Nya. Sementara, rezeki berupa harta atau dunia, Allah berikan kepada orang yang disukai-Nya dan yang tidak disukai-Nya. 

photo
Infografis Tiga Hal yang Mendatangkan Rezeki. Ilustrasi harta - (Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement