Jumat 29 Dec 2023 16:49 WIB

Ingin Jalan Keluar dari Kesulitan Oleh Allah SWT? 4 Doa Ini Bisa Jadi Munajat Istimewa  

Doa adalah senjata ampuh orang-orang yang beriman

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Berdoa adalah memohon atau meminta pertolongan kepada Allah SWT, tetapi bukan berarti hanya orang yang terkena musibah saja yang laiak memanjatkan doa. Sebagai seorang Muslim, juga laiak berdoa walaupun dalam keadaan sehat. 

Doa merupakan unsur yang paling esensial dalam ibadah. Sehubungan dengan itu, ada empat doa yang bisa dipanjatkan agar kita diberi kemudahaan saat tertimpa kesulitan. 

Baca Juga

Pertama, doa memohon diberi kemudahan yang diambil dari Surat Al-Kahfi ayat 10. Doa ini dibaca para pemuda yang dikenal sebagai Ashabul Kahfi, mereka adalah para pemuda yang menjaga keimanannya kepada Allah SWT saat negerinya diperintah oleh raja zalim.  

 رَبَّنَآ اٰتِنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً وَّهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَا رَشَدًا

Rabbanā ātinā mil ladunka raḥmataw wa hayyi' lanā min amrinā rasyadā(n)

Artinya, "Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu dan mudahkanlah bagi kami petunjuk untuk segala urusan kami.” 

Kedua, doa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW agar dimudahkan dalam setiap urusan. Doa ini terdapat dalam hadits riwayat Ibnu Hibban. 

اللَّهُمَّ لَا سَهِّلَ إِلَّا مَا جَعَلْتَهُ سَهْلًا وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحُزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلًا 

Allahumma La sahla Illa ma ja'altahu Sahlan wa anta taj'alul huzna Idza syita sahla 

Artinya, "Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkaulah menjadikan kesedihan (kesulitan). Jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah." 

Ketiga, doa yang dibaca Nabi Muhammad SAW saat menghadapi kesulitan sebagaimana diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu. Anas berkata, "Sesungguhnya jika Nabi Muhammad SAW ditimpa suatu perkara yang sulit, beliau berdoa:  

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ 

Yaa hayyu yaa qoyyuum bi rohmatika astaghiitsu 

Baca juga: Alquran Abadikan Tingkah Laku Yahudi yang Bodoh tapi Berlagak Pintar

Artinya, "Wahai Allah Yang Maha Hidup, Wahai Allah Yang Berdiri Sendiri dengan rahmat-Mu, aku memohon pertolongan-Mu." (HR Imam At-Tirmidzi, Al-Hakim) 

Keempat, doa yang diriwayatkan dari Abu Bakar radhiyallahu anhu. Abu Bakar berkata sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, "Doa orang yang ditimpa kesulitan adalah: 

اللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو فَلاَ تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِي كُلَّهُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ 

Allahumma rohmataka arjuu falaa takilnii ilaa nafsii thorfata 'ainin wa ashlih lii sya’nii kullahu laa ilaaha illa anta Artinya, "Ya Allah, hanya rahmat-Mu yang aku harapkan, maka jangan biarkan aku mengikuti nafsuku sekejap mata pun. Perbaikilah keadaanku seluruhnya. Tiada Tuhan kecuali Engkau." (HR Abu Daud) 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement