Selasa 26 Dec 2023 00:40 WIB

Bukti Bahwa Alam Semesta Menyembah Allah, Apa Itu? 

Semua makhluk menyembah Allah.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Erdy Nasrul
ilustrasi berdzikir mengagungkan Allah.
Foto:

 

Sebab, kedua jumlah gigi rodanya adalah tujuh. Akibatnya, sholat Zuhur (punggung) terpasangkan di punggung. Dan karena roda gigi shalat Isa dan Maghrib berhubungan dengan kalimat bismillah.

Maka seolah-olah di tulang leher manusia ada tulisan bismillah. Dan tulang memang lebih dalam letaknya dari urat leher. Allah berfirman dalam Alquran Surat Qaf ayat 16 berbunyi,

وَنَحْنُ أَقْرَبُ إِلَيْهِ مِنْ حَبْلِ ٱلْوَرِيدِ

“Wa nahnu aqrabu ilahi min hablil-waridi."

Yang artinya: “Dan kami lebih dekat kepadanya dari urat leher."

Di sisi lain yang perlu diketahui tentang bumi, menurut KH Fahmi Basya, bumi dikelilingi lima tanda. Kelima tanda itu mengingatkan manusia dengan shalat lima waktu.

Bumi dan sholat dapat diekspresikan sebagai roda-roda yang berputar. Satu kali putar bumi adalah satu hari satu maam. Dan dalam satu putar bumi itu harus terjadi semacam putaran 2, 4, 4, 3, 4 pada roda-roda sholat sesuai urutan rakaat sholat.

Yakni Subuh 2 rakaat, Zuhur 4 rakaat, Ashar 4 rakaat, Maghrib 3 rakaat, dan Isya 4 rakaat. Macam rakaat sholat yang 2, 3, 4 itu dianalogikan sebagai bilangan sayap malaikat. Hal ini sebagaimana yang diabadikan Allah dalam Alquran.

Allah berfirman dalam Surat Fatir ayat 1,

جَاعِلِ ٱلْمَلَٰٓئِكَةِ رُسُلًا أُو۟لِىٓ أَجْنِحَةٍ مَّثْنَىٰ وَثُلَٰثَ وَرُبَٰعَ

“Jaa’ilal-malaikati Rusulan ulil ajnihatin wa tsulasa wa ruba’a."

Yang artinya, “Dia yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan yang mempunyai sayap 2 dan 3 dan 4."

 

Sehingga secara matematis, mencari jumlah gigi tersedikit untuk melayani macam putaran yang 2, 3, 4 itu dapat dilakukan dengan mencari kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari bilangan 2 dan 3 dan 4. Bilangan terkecil yang dapat dibagi 2, dan dapat dibagi 3 serta 4 yaitu adalah bilangan 12. Sehingga roda yang mewakili bumi harus memiliki paling sedikit 12 gigi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement