Jumat 22 Dec 2023 03:05 WIB

6 Manfaat Sholat Subuh Berjamaah di Masjid Bagi Kesehatan Tubuh

Melaksanakan sholat tepat waktu di masjid adalah wujud keimanan seorang Muslim.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Orang-orang melakukan sholat subuh di Masjid Agung Faisal, di Islamabad, Pakistan, Senin, 3 Mei 2021.
Foto: AP/Anjum Naveed
Orang-orang melakukan sholat subuh di Masjid Agung Faisal, di Islamabad, Pakistan, Senin, 3 Mei 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sholat adalah rukun Islam kedua setelah kalimat dua syahadat. Namun, dari sisi ibadah amaliyah, sholat adalah rukun Islam pertama, disusul zakat, puasa dan haji. Sholat adalah pemisah antara orang yang beriman dan tidak.

Melaksanakan sholat tepat waktu di masjid adalah wujud keimanan seorang Muslim. Termasuk bangun pagi untuk menunaikan sholat Subuh berjamaah di masjid. Namun masalahnya, sering kali seseorang terlelap dalam tidurnya hingga meninggalkan sholat Subuh.

Baca Juga

Padahal di balik sholat Subuh terdapat khasiat dan keutamaan. Allah SWT menganugerahkan keutamaan yang besar pada sholat Subuh di antara sholat-sholat lainnya.

Allah mengganjar pahala yang lebih besar pada sholat Subuh dibandingkan sholat-sholat lainnya. Ini karena membutuhkan tekad yang lebih kuat untuk bisa bangun dari tidur lelapnya, terlebih di saat langit masih gelap.

Di samping itu, sejatinya sholat Subuh berjamaah di masjid ternyata memiliki manfaat yang besar bagi jiwa dan tubuh ini. Sholat subuh tepat waktu akan meningkatkan semangat, merilekskan jiwa, dan menjauhkan seseorang dari kesulitan, kecemasan, dan kemalasan.

Manfaat sholat subuh...

sumber : Mawdoo3/Islamweb
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement