Selasa 19 Dec 2023 17:06 WIB

13 Berkah Tersembunyi Bagi Mereka yang Bangun di Waktu Subuh

Ada banyak keutamaan bagi yang sholat Subuh berjamaah di masjid.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Jamaah di Masjidil Haram Makkah melakukan sholat subuh tanpa menerapkan jaga jarak untuk pertama kalinya pada Ahad (6/3/2022). Hal ini dilakukan menyusul keputusan Kementerian Dalam Negeri mencabut kewajiban ini di dua masjid suci, termasuk masjid lainnya.
Foto: @ReasahAlharmain
Jamaah di Masjidil Haram Makkah melakukan sholat subuh tanpa menerapkan jaga jarak untuk pertama kalinya pada Ahad (6/3/2022). Hal ini dilakukan menyusul keputusan Kementerian Dalam Negeri mencabut kewajiban ini di dua masjid suci, termasuk masjid lainnya.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ada berkah yang berlimpah bagi seorang Muslim yang menunaikan ibadah sholat Subuh berjamaah di masjid. Hal ini sekaligus menandakan betapa besarnya keutamaan sholat Subuh berjamaah di masjid.

Diriwayatkan dari Sakhr bin Wida'ah al-Ghamidi dalam Shahih Ibnu Hibban, Rasulullah SAW mengeluarkan sabda yang mengandung doa, sebagai berikut:

Baca Juga

 «اللهم بارِكْ لأمتي في بكورها، وكان إذا بعث سَرِيَّةً أو جيشًا بعثهم أولَ النهارِ، قال : وكان صخرٌ تاجرًا فكان يبعثُ في تجارتِه أولَ النهارِ فأثْرَى وكثُرَ مالُه».

"'Ya Allah berkahi umatku di waktu paginya.' Nabi SAW biasa mengutus pasukan perang pada pagi hari. Dikatakan bahwa Sahabat Sakhr al-Ghamidi merupakan pedagang, yang mengirim atau membuka dagangannya di pagi hari, kemudian, ia menjadi kaya dan hartanya bertambah." (HR Ibnu Hibban)

Namun tak jarang, sebagian orang mungkin masih sukar untuk bangun di waktu Subuh dan melaksanakan pesan Nabi SAW tersebut. Padahal di balik pesan tersebut terkandung hikmah yang begitu besar, terutama terkait pelaksanaan sholat Subuh berjamaah di masjid.

Ada sejumlah fadhilah bagi seorang Muslim yang bangun di waktu Subuh untuk menunaikan sholat Subuh berjamaah di masjid. Pertama, akan memperoleh rezeki yang berkah. Kedua, mendapatkan ketenangan jiwa. Ketiga, mendapat pahala yang besar.

Keempat, dilindungi Allah SWT. Kelima, orang yang melakukan hal tersebut maka disaksikan dan dihormati para malaikat. Keenam, para malaikat mendoakannya dan mendapat ampunan atas dosa-dosa.

Ketujuh, orang yang sholat Subuh dan sebelumnya telah melaksanakan qiyamullail, maka pahalanya setara dengan qiyamullail sepanjang malam. Kedelapan, sholat Subuh berjamaah di masjid itu lebih utama dibandingkan dunia dan isinya.

Kesembilan, orang yang sholat Subuh berjamaah di masjid kelak menyelamatkannya di Hari Kiamat nanti. Rasulullah SAW bersabda, "Berbahagialah mereka yang berjalan dalam kegelapan menuju masjid, karena akan menjadi penerang pada Hari Kiamat kelak."

Kesepuluh, dia akan diselamatkan dari api neraka. Kesebelas, dijamin keimanannya dan dijauhkan dari kemunafikan. Kedua belas, dijauhkan dari azab Allah SWT. Ketigabelas, doa dari orang yang sholat Subuh berjamaah di masjid itu mustajab.

Sumber: 

https://www.elbalad.news/5270277

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement