Jumat 15 Dec 2023 16:04 WIB

Ada di Mana Yahudi Ashbahan yang Kelak akan Mengikuti Dajjal?

Dajjal diikuti Yahudi Ashbahan sebanyak 70 ribu.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
 Dajjal diikuti Yahudi Ashbahan sebanyak 70 ribu. Foto:  Ulama hadits (ilustrasi)
Foto: Blogspot.com
Dajjal diikuti Yahudi Ashbahan sebanyak 70 ribu. Foto: Ulama hadits (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Anas bin Malik RA, sosok pelayan Nabi Muhammad SAW, meriwayatkan hadits tentang dajjal. Hadits ini ada dalam Shahih Muslim. Berikut bunyi haditsnya:

عَن أنسِ بنِ مالِكٍ رَضِيَ الله عَنه أنَّ النَّبيَّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم قال: ((يَتْبَعُ الدَّجَّالَ مِن يَهودِ أَصْبَهانَ سَبْعونَ ألفًا عليهم الطَّيالِسةُ  ))

Baca Juga

Diriwayatkan dari Anas bin Malik RA, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Dajjal diikuti Yahudi Ashbahan sebanyak 70 ribu. Mereka mengenakan jubah hijau." (HR. Muslim)

Ibnu Taimiyah menjelaskan, orang-orang Yahudi menafsirkan kabar baik tentang Al Masih dengan arti bahwa dia bukanlah Isa putra Maryam, melainkan orang lain yang dinanti oleh orang-orang Yahudi.

Ibnu Taimiyah melanjutkan pendapatnya dengan berkata:

 فإنَّه الذي يَتْبَعُه اليَهودُ ويَخرُجُ مَعَه سَبعونَ ألفَ مُطيلِسٍ من يَهودِ أصبَهانَ

"Sesungguhnya mereka (orang-orang Yahudi) hanya menanti dajjal, karena dia (dajjal) akan diikuti oleh orang-orang Yahudi. Dan sebanyak 70 ribu orang Yahudi Ashbahan akan pergi bersama dajjal."

Alhafidz Ibnu Hajar Al Asqolani melalui Fathul Baari, yang menukil perkataan Abu Nu'aim tentang sejarah Ashbahan, menjelaskan, dahulu ada desa atau daerah bernama Al Yahudiyah. Ini adalah salah satu desa Ashbahan. Disebut Al Yahudiyah, karena desa khusus untuk pemukiman orang Yahudi.

Keadaan tersebut terus berlanjut sampai Ayyub bin Ziyah (pemimpin Mesir) merebut desa Al Yahudiyah pada masa Al Mahdi bin Al Mansur. Umat Muslim kemudian menghuni desa tersebut, dan sebagian pemukiman tetap menjadi milik orang Yahudi.

Masih terkait hadits yang disebutkan itu, Syekh Bin Baz berpendapat bahwa dajjal akan muncul dari timur. Kemudian sebanyak 70 ribu orang Yahudi di Ashbahan akan mengikuti dajjal. Dan orang-orang Ashbahan sekarang berada di Iran.

Adapun Muhammad bin Shalih al-Utsaimin mengatakan, Nabi SAW telah memberitahukan bahwa 70 ribu orang Yahudi di Ashbahan akan mengikuti dajjal dengan mengenakan Ath Thoyalisah, jenis pakaian bagus yang berasal dari Ashbahan. Ashbahan termasuk di antara kota-kota di Iran, dan orang-orang telah mengetahui kota tersebut. Sebanyak 70 ribu orang dari Ashbahan akan mengikuti dajjal.

Sumber:

https://dorar.net/aqeeda/1905/%D8%A7%D9%84%D9%81%D8%B1%D8%B9-%D8%A7%D9%84%D8%AB%D8%A7%D9%84%D8%AB-%D8%A3%D8%AA%D8%A8%D8%A7%D8%B9%D9%87

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement