Selasa 12 Dec 2023 18:38 WIB

Islam Melarang Membunuh Anak Lantaran Impitan Ekonomi, Begini Penjelasan Alquran 

Alquran menegaskan larangan membunuh anak karena takut miskin.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi menjaga anak dan keluarga. Alquran menegaskan larangan membunuh anak karena takut miskin
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Ilustrasi menjaga anak dan keluarga. Alquran menegaskan larangan membunuh anak karena takut miskin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Mendapatkan anak adalah sebuah rezeki. Namun kedua orang tua hendaknya mempersiapkan diri jika memang menginginkan kehadiran seorang anak. 

Jangan sampai ketika anak telah lahir, anak menjadi telantar karena kondisi ekonomi mengorbankan anak. Bahkan hingga tega membunuh anak kandungnya sendiri. Allah SWT berfirman dalam Alquran surat Al Isra ayat 31 sebagai berikut:     

Baca Juga

وَلَا تَقْتُلُوا أَوْلَادَكُمْ خَشْيَةَ إِمْلَاقٍ نَحْنُ نَرْزُقُهُمْ وَإِيَّاكُمْ إِنَّ قَتْلَهُمْ كَانَ خِطْئًا كَبِيرًا 

"Janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang memberi rezeki kepada mereka dan (juga) kepadamu. Sesungguhnya membunuh mereka itu adalah suatu dosa yang besar.”  

Dalam tafsir ringkas Kemenag, kemudian Allah SWT melarang kaum Muslim membunuh anak-anak mereka seperti yang dilakukan beberapa suku dari kaum Arab Jahiliyah. Allah berfirman, “Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan akan menimpa mereka. Kamilah yang akan memberi rezeki kepada mereka, bukan kamu yang memberi rezeki kepada mereka, dan Kami juga yang memberi rezeki kepadamu. Janganlah kamu mencemaskan mereka karena kemiskinan, maka oleh sebab itu kamu membunuhnya. Membunuh mereka itu sungguh suatu dosa yang besar.” 

Sedangkan, Tafsir Tahlili menjelaskan kemudian Allah SWT melarang kaum Muslimin membunuh anak-anak mereka, seperti yang telah dilakukan oleh beberapa suku dari bangsa Arab Jahiliah. 

Mereka menguburkan anak-anak perempuan karena dianggap tidak mampu mencari rezeki, dan hanya menjadi beban hidup saja. Berbeda dengan anak laki-laki yang dianggap mempunyai kemampuan untuk mencari harta, berperang, dan menjaga kehormatan keluarga. 

Baca juga: Pesan Rasulullah SAW: Bergembiralah Pejuang Sholat Subuh, Cahaya Sempurna Saat Kiamat

Anak perempuan dipandang hanya akan memberi malu karena bisa menyebabkan kemiskinan dan menurunkan martabat keluarga karena kawin dengan orang yang tidak sederajat dengan mereka. Apalagi dalam peperangan, anak perempuan tentu akan menjadi tawanan, sehingga tidak mustahil akan mengalami nasib yang hina lantaran menjadi budak.

Oleh karena itu Allah SWT melarang..

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement