Senin 11 Dec 2023 19:29 WIB

Tafsir Surat Al A‘raf Ayat 33: Berzina dan Homoseks Termasuk Perbuatan Keji

Sesungguhnya yang diharamkan Allah tersebut dalam ayat ini harus dijauhi.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto: Dok Republika
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di dalam tafsir Surat Al A‘raf Ayat 33 dijelaskan zina dan homoseks termasuk perbuatan keji. Dilakukan secara terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi, perbuatan tersebut termasuk perbuatan yang keji.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

Baca Juga

قُلْ اِنَّمَا حَرَّمَ رَبِّيَ الْفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ وَالْاِثْمَ وَالْبَغْيَ بِغَيْرِ الْحَقِّ وَاَنْ تُشْرِكُوْا بِاللّٰهِ مَا لَمْ يُنَزِّلْ بِهٖ سُلْطٰنًا وَّاَنْ تَقُوْلُوْا عَلَى اللّٰهِ مَا لَا تَعْلَمُوْنَ

Katakanlah (Nabi Muhammad), "Sesungguhnya Tuhanku hanya mengharamkan segala perbuatan keji yang tampak dan yang tersembunyi, perbuatan dosa, dan perbuatan melampaui batas tanpa alasan yang benar. (Dia juga mengharamkan) kamu mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah tidak menurunkan bukti pembenaran untuk itu dan (mengharamkan) kamu mengatakan tentang Allah apa yang tidak kamu ketahui.” (QS Al A‘raf Ayat 33)

 

Dalam ayat ini, menurut Tafsir Kementerian Agama, Allah memerintahkan kepada Rasulullah SAW untuk menyampaikan kepada orang-orang yang musyrik dan kafir apa yang telah diharamkan Allah. Yang diharamkan Allah itu bukanlah seperti yang telah diharamkan oleh orang-orang musyrik yang tiada ada dalilnya atau tidak ada wahyu yang turun untuk mengharamkannya, tetapi mereka buat-buat saja, seperti mengharamkan memakai pakaian ketika tawaf atau mengharamkan makan daging ketika mengerjakan haji.

Sesungguhnya yang diharamkan Allah tersebut dalam ayat ini harus dijauhi secara benar-benar, karena bahayanya sangat besar, baik terhadap yang mengerjakannya maupun terhadap umat manusia semuanya. Larangan-larangan Allah itu adalah sebagai berikut.

Pertama, mengerjakan perbuatan yang keji secara lahir (terang-terangan) atau tersembunyi, termasuk ke dalam perbuatan yang keji seperti berzina, homoseksual, perbuatan jijik, dan kotor yang menimbulkan dosa yang besar.

Kedua, perbuatan yang menimbulkan dosa, seperti minum khamar, berjudi dan lain-lain. Ketiga, perbuatan yang melampaui batas, berlaku aniaya sesama manusia, dan memperkosa hak pribadi atau hak bersama.

Keempat, mempersekutukan Allah...

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement