Senin 11 Dec 2023 14:37 WIB

Warga Aceh Tolak Pengungsi Rohingya, Begini Adab dalam Islam Ketika Diberi Bantuan

Warga Aceh geram dengan perilaku buruk para pengungsi Rohingya.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Seorang pengungsi Rohingya menggendong seorang anak saat ia dan orang lain beristirahat di area terbuka setelah mendarat di pantai di Desa Blang Ulam, Aceh Besar, Indonesia, 10 Desember 2023.
Foto:

2) Berterimakasih kepada orang yang membantu

Ketika seorang Muslim telah mendapatkan bantuan atau pemberian apapun dari Muslim lainnya hendaknya ia mengucapkan terimakasih kepada orang yang telah membantunya. Dan jangan menyakiti orang yang memberi bantuan dengan perkataan atau tindakan. Seperti berkata buruk atau menghinakan tentang barang bantuan atau barang pemberian, atau justru membuang barang tersebut.

لاَ يَشْكُرُ اللَّهَ مَنْ لاَ يَشْكُرُ النَّاسَ

“Tidak dikatakan bersyukur kepada Allah bagi siapa yang tidak tahu berterima kasih kepada manusia.” (HR. Abu Daud, no. 4811 dan Tirmidzi, no. 1954. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini sahih

3) Jangan menyakiti hati orang yang membantu dengan membuang bantuan

Ketika diberi suatu pemberian dari Muslim lainnya maka hendaknya menerimanya. Jangan sampai menyakiti hati orang yang telah berbuat baik dengan memberi bantuan atau pemberian dengan menolaknya apalagi membuangnya.

Di dalam Syu’abul Iman karya Al-Baihaqi dari Khalid bin ‘Adi dari Nabi ﷺ yang bersabda: مَنْ بَلَغَهُ مَعْرُوفٌ عَنْ أَخِيهِ مِنْ غَيْرِ

 مَسْأَلَةٍ وَلَا إِشْرَافِ نَفْسٍ فَلْيَقْبَلْهُ وَلَا يَرُدَّهُ ، فَإِنَّمَا هُوَ رِزْقٌ سَاقَهُ اللَّهُ إِلَيْهِ

“Siapa saja yang mendapat kebaikan dari saudaranya, padahal dia tidak meminta dan tidak berambisi untuk mendapatkannya, maka hendaknya dia menerima pemberian tersebut dan tidak menolaknya. Sungguh, itu adalah rezeki dari Allah yang dicurahkan kepadanya,” (Syuabul Iman. Al-Albani)

Dari Usamah bin Zaid radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صُنِعَ إِلَيْهِ مَعْرُوفٌ، فَقَالَ لِفَاعِلهِ : جَزَاكَ اللهُ خَيْراً ، فَقَدْ أَبْلَغَ فِي الثَّنَاءِ

“Barangsiapa yang diperlakukan baik, lalu ia mengatakan kepada pelakunya, ‘Jazakallahu khairan (artinya: Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan)’, maka sungguh ia telah sangat menyanjungnya.” (HR. Tirmidzi. Ia berkata bahwa hadits ini hasan sahih)

Membalas kebaikan...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement