Ahad 10 Dec 2023 22:37 WIB

Tanda Kiamat, Maraknya Pembunuhan? 

Saat ini pembunuhan terus terjadi dan semakin merajalela.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi pembunuhan
Foto: Foto : MgRol112
Ilustrasi pembunuhan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pertanda datangnya hari kiamat dibagi ke dalam dua bagian, di antaranya kiamat kecil dan besar. Salah satu di antara hadits yang menunjukkan tanda datangnya hari kiamat yakni maraknya pembunuhan.

Saat ini pembunuhan terus terjadi dan semakin merajalela. Ini merupakan pertanda kiamat kecil yang telah muncul dan terus berlangsung, bahkan semakin banyak.

Baca Juga

عنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:( وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ ، لَا تَذْهَبُ الدُّنْيَا حَتَّى يَأْتِيَ عَلَى النَّاسِ يَوْمٌ لَا يَدْرِي الْقَاتِلُ فِيمَ قَتَلَ ، وَلَا الْمَقْتُولُ فِيمَ قُتِللَ ، فَقِيلَ : كَيْفَ يَكُونُ ذَلِكَ ؟ قَالَ : الْهَرْجُ ، الْقَاتِلُ وَالْمَقْتُولُ فِي النَّارِ )

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu, dia berkata, “Rasulullah ﷺ bersabda, “Demi Dzat yang jiwaku ini berada dalam genggaman-Nya, dunia ini tidak akan musnah sehingga orang-orang saling bunuh satu sama lain tanpa mengetahui apa penyebabnya. Demikian juga orang yang dibunuh, dia tidak tahu apa penyebabnya sehingga dia harus dibunuh.” Maka, ditanyakanlah kepada beliau, “Bagaimana mungkin hal itu bisa terjadi?” Beliau menjawab, “Itulah al-harj, yang membunuh dan yang dibunuh sama-sama di neraka.” (HR Muslim 2908)

 

عنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : لَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يُقْبَضَ الْعِلْمُ ، وَتَكْثُرَ الزَّلَازِلُ ، وَيَتَقَارَبَ الزَّمَانُ ، وَتَظْهَرَ الْفِتَنُ ، وَيَكْثُرَ الْهَرْجُ ، وَهُوَ الْققَتْلُ الْقَتْلُ ، حَتَّى يَكْثُرَ فِيكُمْ الْمَالُ فَيَفِيضَ  

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu'Anhu, dia berkata, “Rasulullah ﷺ bersabda,"Tidak akan terjadi hari kiamat kecuali setelah hilangnya ilmu, banyak terjadi gempa, waktu seakan berjalan dengan cepat, timbul berbagai macam fitnah, Al haraj -yaitu pembunuhan- dan harta melimpah ruah kepada kalian." (HR Bukhari 157 dan Muslim 1036).  

Seperti dikutip dari buku Tanda-Tanda Hari Kiamat Besar dan Kecil, Tanda-tanda kiamat (Asyrath as-Sa'ah) adalah indikasi-indikasi Kiamat yang mendahuluinya dan menunjukkan kedekatan (waktu)nya. Sementara Kiamat (as-Sa'ah) dapat dipisahkan menjadi tiga makna, yaitu : 

Pertama, Kiamat Kecil (as-Sa'ah ash-Shughra) yaitu kematian manusia. Barangsiapa yang meninggal dunia maka telah terjadi Kiamat padanya, karena ia masuk ke dalam alam akhirat. 

Kedua, Kiamat Sedang (as-Sa'ah al-Wushtha) yaitu meninggalnya generasi satu abad tertentu. 

Ketiga, Kiamat Besar (as-Sa'ah al-Kubra) yaitu dibangkitkannya manusia dari kubur mereka untuk dihisab (al-hisab) dan dibalas (al-jaza) amalanamalannya di dunia. 

Sementara klasifikasi Tanda-Tanda Kiamat Terbagi menjadi dua bagian : 

Pertama, tanda-tanda kecil (asyrath shughra), yaitu (tanda-tanda) yang mendahului Kiamat dengan (jarak) waktu yang lama dan menjadi hal yang berulang-ulang (biasa terjadi). Seperti hilangnya ilmu, merebaknya kebodohan dan minuman khamer, saling berlomba meninggikan bangunan, serta lain sebagainya. Terkadang sebagian tanda-tandanya muncul bebarengan dengan tanda-tanda Kiamat besar (asy-asyrath al-kubra) atau (ada juga yang) setelahnya. 

Kedua, tanda-tanda besar (asyrath kubra), yaitu perkara-perkara besar yang muncul menjelang terjadinya Kiamat (qurba qiyam as-sa'ah), dan kejadiannya tidak berulang-ulang. Seperti kemunculan ad-Dajjal, turunnya Isa alaihissalam, keluarnya Ya'juj dan Ma'juj, terbitnya Matahari dari arah barat. 

Sebagian ulama membagi tanda-tanda Kiamat dari perspektif kemunculannya menjadi tiga bagian : 

Pertama, klasifikasi yang telah muncul dan telah berakhir. 

Kedua, klasifikasi yang telah muncul dan terus berlangsung, bahkan semakin banyak. 

Ketiga, klasifikasi yang belum terjadi hingga sekarang. 

Adapun dua klasifikasi pertama masuk dalam tanda-tanda Kiamat kecil (asyrath as-sa'ah ash-shughra). Sedangkan klasifikasi ketiga terhimpun di dalamnya tanda-tanda besar (al-asyrath al-kubra) dan sebagian tanda-tanda kecil (al-asyrath ash-shugra). 

 

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement