Sabtu 09 Dec 2023 17:34 WIB

Israel Sebar Al-Ankabut 14 Sebut Gaza Zalim, Padahal Ini Tafsirnya Menurut Prof Quraish

Zionis Israel terus melakukan serangan di Jalur Gaza Palestina

Rep: Imas Damayanti / Red: Nashih Nashrullah
Israel sebar selebaran. Zionis Israel terus melakukan serangan di Jalur Gaza Palestina
Foto:

Sebelum datangnya air bah itu, Kami telah perintahkan Nuh untuk membuat bahtera. Maka ketika tanda-tanda taufan itu akan melanda, Kami perintahkan Nuh bersama kaum beriman dan makhluk-makhluk yang dipilihnya untuk menumpang, lalu Kami selamatkan Nuh bersama penumpang-penumpang bahtera itu dan Kami menjadikannya yakni peristiwa itu pelajaran bagi semesta alam yakni umat manusia.”

Kisah Nuh AS telah diuraikan dengan panjang pada Surat Hud. Di sini ada penambahan yaitu bahwa beliau berada di tengah kaumnya selama 950 tahun. Masa itu adalah masa beliau berdakwah di tengah kaumnya, bukan masa hidup beliau yaitu sebelum diangkat menjadi Nabi dan setelah keselamatan dari air bah itu, beliau masih hidup.

Ini berbeda dengan informasi Penjanjian Lama yang menyatakan bahwa usia beliau 950 tahun (baca Kejadian IX: 28). Sayyid Quthub mengomentari masa tersebut bahwa itu adalah waktu yang panjang sekali, terasa tidak biasa dan tidak dikenal dalam umur manusia normal dewasa ini. Tetapi — tulisnya lebih jauh —“Kita menerimanya dari sumber yang paling tepercaya dalam wujud ini (Alquran yang merupakan firman Allah) sehingga ini saja sudah cukup menjadi bukti kebenarannya.

Kalau kita akan memberikan penafsiran, maka kita dapat menyatakan bahwa populasi manusia ketika itu sangat sedikit dan terbatas sehingga tidak mustahil Allah mengganti buat generasi itu —banyaknya populasi dewasa ini — menjadi panjangnya usia mereka guna memakmurkan bumi dan kelanjutan kehidupan.

Setelah manusia menjadi banyak, dan bumi telah dimakmurkan, ketika itu tidak lagi dibutuhkan usia yang panjang. Kenyataan semacam ini terlihat pada usia banyak makhluk hidup. Semakin sedikit jumlah populasi dan sedikit keturunan, setiap itu pula usia lebih panjang.

Baca juga: Kalimat yang Diulang 31 Kali dalam Surat Ar-Rahman, Ini Deretan Rahasianya

 

Seperti halnya burung garuda atau beberapa binatang seperti kura-kura. Sebagian di antaranya mencapai usia ratusan tahun, padahal lalat yang berkembang biak sebanyak jutaan tidak hidup lebih dari dua minggu.” Demikian lebih kurang pendapat Sayyid Quthub.    

 

Jadi, bisa disimpulkan dari pemaparan di atas bahwa justru ayat ini menjadi penguat untuk orang-orang yang beriman di tengah cobaan, dan satu sisi tetap menguatkan iman di hadapan orang-orang kafir yang mengingkari risalah para nabi. Bukan seperti maksud zionis Israel yang hendak menyebut langkah Hamas dan pejuang Gaza adalah zalim. 

photo
Israel kembali menggempur Jalur Gaza setelah berakhirnya gencatan senjata pada Jumat (1/12/2023) pagi. - (Tim Infografis Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement