Jumat 08 Dec 2023 10:18 WIB

Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi Lengkap Arab, Latin, dan Terjemahannya 

Dianjurkan membaca doa saat masuk dan keluar kamar mandi.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
 Dianjurkan membaca doa saat masuk dan keluar kamar mandi. Foto:  Kamar mandi (ilustrasi)
Foto: www.pixabay.com
Dianjurkan membaca doa saat masuk dan keluar kamar mandi. Foto: Kamar mandi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Ketika seorang Muslim hendak masuk ke kamar mandi atau pun toilet dianjurkan untuk terlebih dulu membaca doa. Berikut doa sebelum masuk toilet sebagaimana diajarkan Rasulullah seperti dapat ditemukan redaksi lengkapnya dalam kitab hadis Sunan Nasai nomor 19. 

   اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Baca Juga

Allahumma Inny A’udzubika minal khubutsi wal khobaitsi

Artinya"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan setan laki-laki dan setan perempuan,".

 

Lalu ketika seorang Muslim telah biang hajat kecil atau besar maka sesudahnya hendaknya membaca doa setelah istinja sebagai berikut. 

اَللَّهُمَّ طَهِّرْقَلْبِىْ مِنَ النِّفَاقِ وَحَصِّنْ فَرْجِىْ مِنَ الْفَوَاحِشِ

Allahumma tohir qolbiy minan nifaqi wa hashin farjiy minal fawaahisy

Artinya: Ya Allah sucikan lah aku dari sifat munafik. Dan jagalah kemaluanku dari perzinahan.

Lalu ketika keluar dari kamar mandi atau toilet hendaknya membaca doa berikut: 

 غُفْرَانَكَ اَلْحَمْدُلِلَّهِ الَّذِيْ أَذْهَبَ عَنِّى الْاَذَى وَعَافَانِى

Ghufronaka alhamdulillahi ladziy adzhaba 'annil adza wa 'afaniiy

Artinya: Aku Mohon Ampun pada-Mu, segala puji bagi Allah, yang telah menghilangkan dari ku rasa sakit dan telah menyelamatkanku.

Mengapa harus baca doa ketika masuk dan keluar dari kamar mandi atau toilet? 

Dalam sejumlah hadits disebutkan bahwa toilet adalah tempat yang paling disukai oleh jin. Bahkan menjadi tempat tinggal jin. Namun demikian, pandangan jin akan terhalangi sehingga tidak bisa melihat manusia yang masuk ke dalam kamar mandi atau toilet manakala orang tersebut melafalkan basmalah. Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadits: 

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ حُمَيْدٍ الرَّازِيُّ حَدَّثَنَا الْحَكَمُ بْنُ بَشِيرِ بْنِ سَلْمَانَ حَدَّثَنَا خَلَّادٌ الصَّفَّارُ عَنْ الْحَكَمِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ النَّصْرِيِّ عَنْ أَبِي إِسْحَقَ عَنْ أَبِي جُحَيْفَةَ عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ سَتْرُ مَا بَيْنَ أَعْيُنِ الْجِنِّ وَعَوْرَاتِ بَنِي آدَمَ إِذَا دَخَلَ أَحَدُهُمْ الْخَلَاءَ أَنْ يَقُولَ بِسْمِ اللَّهِ 

Artinya: Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Humaid Ar Razi telah menceritakan kepada kami Al Hakam bin Basyir bin Sulaiman telah menceritakan kepada kami Khallad As Shafar dari Al Hakam bin Abdullah An Nashri dari Abu Ishaq dari Abu Juhaifah dari Ali bin Abu Thalib radhiallahu'anhu bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Penghalang antara pandangan mata jin dan aurat bani Adam ketika salah seorang kalian masuk ke toilet ialah dia membaca Bismillah." (HR. Tirmidzi).

Karena itu pentingnya membiasakan doa ketika akan masuk toilet. Rasulullah SAW  telah mengajarkan satu doa yang dapat diamalkan setiap Muslim ketika akan masuk toilet. Banyak orang menghafalnya sejak masih anak-anak akan tetapi banyak orang yang lupa ketika telah dewasa karena tidak pernah mengamalkannya. Atau bahkan sama sekali tidak mengetahui doa tersebut. Padahal doa ketika masuk toilet sangat penting. 

Begitu juga dijelaskan dalam kitab at Targib wat Tarhib, dijelaskan bahwa tempat di dalam rumah yang paling disukai oleh Jin adalah kamar mandi ataupun toilet. Oleh karena itu, ketika hendak masuk ke kamar mandi atau toilet dianjurkan terlebih dulu untuk berdoa. 

كَانَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اِذَاأَرَادَدُخُوْلَ الْخَلَا ءِقَالَ : بِسْمِ اللَّهِ اَللَّهُمَّ اِنِّى أَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ وَكَانَ يَقُوْلُ اِنَّ هَذِهِ الْحُشُوْشُ مُخْتَضِرَةٌ .وَكَانَ اِذَاخَرَجَ قَالَ غُفْرَانَكَ اَلْحَمْدُلِلَّهِ الَّذِيْ أَذْهَبَ عَنِّى الْاَذَى وَعَافَانِى وَيَقُوْلُ عِنْدَالفْرَاَغِ مِنَ الْاِسْتِنْجَاءِاَللَّهُمَّ طَهِّرْقَلْبِىْ مِنَ النِّفَاقِ وَحَصِّنْ فَرْجِىْ مِنَ الْفَوَاحِشِ وَيَدْلُكَ يَدَهُ بِحَائِطٍ اَوْبِالْاَرْضِ اِزَالَةً لِلرَّائِحَةِ اِنْ بَقَيَتْ.

Artinya: Rasulullah , jika ingin masuk jamban nabi mengucapkan: Bismillahi Allahumma Inni A'udzubika Minal Khubutsi wal Khobaaitsi (Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang, Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari setan jantan dan setan betina). Dan Nabi bersabda sungguh jamban-jamban ini di datangi jin. Dan apabila Nabi keluar dari jamban, nabi berucap: Ghufronaka alhamdulillahi ladziy adzhaba 'annil adza wa 'afaniiy (Aku Mohon Ampun pada-Mu, segala puji bagi Allah, yang telah menghilangkan dari ku rasa sakit dan telah menyelamatkanku). Dan berucap ketika setelah istinja: Allahumma tohir qolbiy minan nifaqi wa hashin farjiy minal fawaahisy (Ya Allah sucikan lah aku dari sifat munafik. Dan jaga lah kemaluanku dari perjinahan). 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement