Jumat 08 Dec 2023 06:24 WIB

Pembunuhan Anak di Jagakarsa, Ingat Lima Ayat Alquran Ini

Alquran sangat tegas melarang pembunuhan terhadap anak.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
 Alquran sangat tegas melarang pembunuhan terhadap anak. Foto: Suasana rumah kejadian pembunuhan terhadap anak-anak di Jagakarsa.
Foto: Republika/Febrian Fachri
Alquran sangat tegas melarang pembunuhan terhadap anak. Foto: Suasana rumah kejadian pembunuhan terhadap anak-anak di Jagakarsa.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Peristiwa pembunuhan sebanyak empat orang anak oleh orang tua di Jagakarsa, Jakarta Selatan, terungkap dan menyita perhatian masyarakat.  Empat anak berinisial V (6 tahun), S (4 tahun), A (3 tahun), dan A (1 tahun) ditemukan tewas membusuk di sebuah kontrakan di RT 04/03, Kelurahan Jagakarsa, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu (6/12/2023). Mereka diduga dibunuh oleh ayah kandungnya sendiri berinisial PD (41 tahun). 

Dalam Islam, membunuh adalah dosa besar. Membunuh tak kenal hubungan kerabat bahkan anak sering kali terjadi padahal Allah jelas melarang dalam Alquran.

Baca Juga

Pertama, Al An'am ayat 137

وَكَذَٰلِكَ زَيَّنَ لِكَثِيرٍ مِنَ الْمُشْرِكِينَ قَتْلَ أَوْلَادِهِمْ شُرَكَاؤُهُمْ لِيُرْدُوهُمْ وَلِيَلْبِسُوا عَلَيْهِمْ دِينَهُمْ ۖ وَلَوْ شَاءَ اللَّهُ مَا فَعَلُوهُ ۖ فَذَرْهُمْ وَمَا يَفْتَرُونَ

 

Demikianlah berhala-berhala mereka (setan) menjadikan terasa indah bagi banyak orang musyrik membunuh anak-anak mereka untuk membinasakan mereka dan mengacaukan agama mereka sendiri. Seandainya Allah berkehendak, niscaya mereka tidak akan mengerjakannya. Biarkanlah mereka bersama apa (kebohongan) yang mereka ada-adakan.

Kedua, Al An'am ayat 140

قَدْ خَسِرَ الَّذِينَ قَتَلُوا أَوْلَادَهُمْ سَفَهًا بِغَيْرِ عِلْمٍ وَحَرَّمُوا مَا رَزَقَهُمُ اللَّهُ افْتِرَاءً عَلَى اللَّهِ ۚ قَدْ ضَلُّوا وَمَا كَانُوا مُهْتَدِينَ

Sungguh rugi orang-orang yang membunuh anak-anak mereka karena kebodohan tanpa pengetahuan dan mengharamkan rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka dengan semata-mata membuat-buat kebohongan terhadap Allah. Sungguh, mereka telah sesat dan tidak mendapat petunjuk.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement