Kamis 07 Dec 2023 20:57 WIB

5 Bukti Cinta Allah SWT untuk Manusia yang Diungkap dalam Alquran

Allah SWT membagikan 1 rahmat-Nya untuk semua makhluk

Mengingat Allah Ilustrasi.. Allah SWT membagikan 1 rahmat-Nya untuk semua makhluk
Foto: ANTARA FOTO/Jojon
Mengingat Allah Ilustrasi.. Allah SWT membagikan 1 rahmat-Nya untuk semua makhluk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Allah SWT memberikan cinta kasih-Nya kepada semua makhluk yang ada di bumi. Hakikat dan besarnya tidak bisa dipersamakan dengan kasih sayang siapa pun, sebab cinta Allah itu adalah cinta yang tidak terbatas.

 وَرَحْمَتِي وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ ۚ ''Rahmat (kasih sayang)-Ku meliputi segala sesuatu.'' (QS Al-A'raf [7]: 156). 

Baca Juga

Ada beberapa bukti nyata-dari banyak bukti-tentang besarnya cinta Allah kepada manusia. Penjabarannya adalah sebagai berikut: 

1. Diciptakannya alam semesta

 

Allah SWT tidaklah menciptakan alam semesta tanpa maksud. Dia menjadikan semua yang ada di bumi dan di langit untuk memenuhi kebutuhan manusia. Difirmankan: 

هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُمْ مَا فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا ثُمَّ اسْتَوَىٰ إِلَى السَّمَاءِ فَسَوَّاهُنَّ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ ۚ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ

“Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu, kemudian Dia menuju langit, lalu Dia menyempurnakannya menjadi tujuh langit. Dan Dia Mahamengetahui segala sesuatu (QS Al Baqarah [2]: 29).

Seluruh potensi yang ada di dalam dan permukaan bumi dihamparkan untuk diambil manfaatnya oleh manusia. Tidak ada satu pun makhluk di alam ini yang tidak bermanfaat. Nyamuk misalnya. Walaupun menganggu, nyamuk dapat membangkitkan kreativitas manusia, obat nyamuk contohnya. Dengan adanya nyamuk, banyak orang yang tercukupi ekonominya.

Allah SWT telah menciptakan alam dengan sangat sempurna, sehingga manusia dapat hidup di dalamnya dengan nyaman. Semuanya telah ditata dengan akurat. Perjalanan siang dan malam, rantai makanan antara makhluk hidup sampai pada lingkungan tempat ia hidup, semuanya telah diatur dengan hukum-Nya.

2. Mengutus para rasul

Baca juga: Kalimat yang Diulang 31 Kali dalam Surat Ar-Rahman, Ini Deretan Rahasianya

 

Secara fitrah, setiap manusia membutuhkan teladan yang bisa dijadikan rujukan. Untuk memenuhi kebutuhan itulah, Allah SWT mengutus para Rasul. Dalam QS Al An'am [6] ayat 48, Allah SWT berfirman: 

وَمَا نُرْسِلُ الْمُرْسَلِينَ إِلَّا مُبَشِّرِينَ وَمُنْذِرِينَ ۖ فَمَنْ آمَنَ وَأَصْلَحَ فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ  وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

''Dan tidaklah Kami mengutus para rasul itu melainkan untuk memberi kabar gembira dan memberi peringatan. Barang siapa yang beriman dan mengadakan perbaikan, maka tak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.''

 

 

sumber : Harian Republika
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement