Kamis 07 Dec 2023 16:28 WIB

Banyak Gunung Api di Indonesia, Ini Hikmah yang Bisa Dipetik 

Indonesia memiliki banyak gunung berapi.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Warga melihat kebakaran Gunung Merbabu di Jlarem, Gladagsari, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (28/10/2023).  Balai Taman Nasional Gunung Merbabu menutup semua jalur pendakian Gunung Merbabu akibat terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut.
Foto: ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Warga melihat kebakaran Gunung Merbabu di Jlarem, Gladagsari, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (28/10/2023). Balai Taman Nasional Gunung Merbabu menutup semua jalur pendakian Gunung Merbabu akibat terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Di wilayah Indonesia terdapat banyak gunung api, tidak sedikit gunung api yang masih aktif. Gunung juga banyak disebutkan di dalam Alquran. Lantas apa hikmah yang bisa dipetik oleh masyarakat yang tinggal di kawasan yang terdapat banyak gunung api?

Anggota Departemen Kaderisasi Pemuda dan Remaja Masjid pada Dewan Masjid Indonesia (DMI), Ahmad Syarifudin menyampaikan, masyarakat Indonesia perlu mengetahui bahwa negara Indonesia secara geografis terletak di wilayah lingkaran api pasifik yang dikenal sebagai cincin api pasifik. Karena Indonesia berada di pertemuan tiga lempeng tektonik yakni lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia dan lempeng Pasifik. 

Baca Juga

"Pertemuan tiga lempeng tersebut membuat wilayah Indonesia memiliki banyak gunung api, ada banyak juga gunung api yang masih aktif," kata Syarifudin kepada Republika, Kamis (7/12/2023)

Syarifudin mengatakan, banyaknya gunung membuat suatu wilayah menjadi subur. Tapi wilayah di sekitar gunung api juga menjadi rawan gempa vulkanik. Di Indonesia, selain rawan gempa dan letusan gunung api juga rawan tsunami. 

 

Maka umat Islam saat melihat banyaknya gunung api di wilayah Indonesia, selain bersyukur karena manfaat dan kesuburan yang diberikan gunung, juga harus selalu ingat Allah SWT. Allah SWT yang menciptakan gunung-gunung, bumi dan alam semesta beserta isinya.

"Ingat Allah, Allah yang bisa membuat gunung-gunung tersebut memberikan manfaat kepada manusia, Allah juga yang kuasa mengizinkan gunung tersebut meletus atau menjadi sebab terjadinya gempa," ujar Syarifudin.

Aktivis remaja masjid ini mengajak untuk selalu bersyukur, berzikir dan berdoa agar Allah SWT tetap membuat gunung-gunung tersebut memberikan manfaat kepada manusia. Berdoa agar gunung-gunung tersebut tidak menjadi ujian atau musibah bagi manusia di sekitarnya.

Syarifudin menyampaikan, Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman.

وَاَلْقٰى فِى الْاَرْضِ رَوَاسِيَ اَنْ تَمِيْدَ بِكُمْ وَاَنْهٰرًا وَّسُبُلًا لَّعَلَّكُمْ تَهْتَدُوْنَۙ

Artinya, Dia (Allah) memancangkan gunung-gunung di bumi agar bumi tidak berguncang bersamamu serta (menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk. (QS An-Nahl Ayat 15)

Allah Yang Maha Kuasa yang telah menancapkan gunung dengan kukuh dan kuat di bumi tempat manusia tinggal. Agar bumi tidak goncang. Allah juga yang menciptakan sungai-sungai yang mengalirkan air untuk dimanfaatkan oleh makhluk hidup, dan di atas bumi itu Allah menciptakan jalan-jalan yang terbentang agar manusia mendapat petunjuk, baik menuju arah yang benar maupun menuju pengakuan atas keesaan Allah.

"Adanya gunung-gunung, bumi dan alam semesta beserta isinya adalah tanda kekuasaan Allah SWT," ujar Syarifudin.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement