Kamis 07 Dec 2023 10:10 WIB

Pernah Berpikir Proses Terbentuknya Gunung? Ayat Alquran Ini Sudah Menjawabnya

Alquran menerangkan proses terbentuknya gunung.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
 Alquran menerangkan proses terbentuknya gunung. Foto: Gunung Merqpi dilihat dari Klaten.
Foto: Antara/Aloysius Jarot Nugroho
Alquran menerangkan proses terbentuknya gunung. Foto: Gunung Merqpi dilihat dari Klaten.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Pernahkah berpikir bagaimana pembentukan gunung-gunung itu terjadi? Pertanyaan inilah sesungguhnya yang mendorong para ilmuwan melakukan riset-riset ilmiah sejak dulu. Mereka  menyusun temuan-temuan yang diperoleh dalam perjalanan penelitiannya sehingga melahirkan teori ilmiah tentang pembentukan gunung. Allah SWT berfirman: 

وَأَلْقَىٰ فِي الْأَرْضِ رَوَاسِيَ أَنْ تَمِيدَ بِكُمْ وَأَنْهَارًا وَسُبُلًا لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

Baca Juga

Artinya: Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak goncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk, (Alquran surat An Nahl ayat 15)

وَالْأَرْضَ مَدَدْنَاهَا وَأَلْقَيْنَا فِيهَا رَوَاسِيَ وَأَنْبَتْنَا فِيهَا مِنْ كُلِّ شَيْءٍ مَوْزُونٍ

 

Artinya: Dan Kami telah menghamparkan bumi dan menjadikan padanya gunung-gunung dan Kami tumbuhkan padanya segala sesuatu menurut ukuran. (Alquran surat Al Hijr ayat 19).

خَلَقَ السَّمَاوَاتِ بِغَيْرِ عَمَدٍ تَرَوْنَهَا ۖ وَأَلْقَىٰ فِي الْأَرْضِ رَوَاسِيَ أَنْ تَمِيدَ بِكُمْ وَبَثَّ فِيهَا مِنْ كُلِّ دَابَّةٍ ۚ وَأَنْزَلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَنْبَتْنَا فِيهَا مِنْ كُلِّ زَوْجٍ كَرِيمٍ

Artinya: Dia menciptakan langit tanpa tiang yang kamu melihatnya dan Dia meletakkan gunung-gunung (di permukaan) bumi supaya bumi itu tidak menggoyangkan kamu; dan memperkembang biakkan padanya segala macam jenis binatang. Dan Kami turunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan padanya segala macam tumbuh-tumbuhan yang baik. (Alquran surat Luqman ayat 10).

Dr. Nadiah Thayyarah dalam Mausu’ah al I’Jaz al Qur’ani Alquran: Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah menjelaskan bahwa kata alqa (أَلْقَىٰ) dalam ketiga ayat di atas mempunyai dimensi kemukjizatan yang mengagumkan. Ia menjelaskan bahwa berdasarkan keterangan para ahli geologi, pembentukan gunung di atas permukaan bumi terjadi melalui cara pelemparan (ilqa’). 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement