Selasa 05 Dec 2023 14:44 WIB

Tiga Jenis Sikap Durhaka kepada Orang Tua dalam Alquran

Allah SWT memerintahkan berbakti kepada kedua orang tua.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Orang tua siswa mengantarkan anaknya saat hari pertama sekolah di SLB Negeri Sejahtera, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (17/7/2023). Sebanyak 18 siswa yang terdiri dari tuna netra, tuna rungu, tuna grahita dan tuna daksa di SLB tersebut mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada tahun ajaran 2023/2024.
Foto:

Sikap Durhaka Anak pada Orang Tua

Pertama, tidak menghormati dan menghargai orang tua. Serta merasa lebih tinggi kedudukannya dari orang tuanya. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيٰنِيْ صَغِيْرًاۗ

Rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, “Wahai Tuhanku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua (menyayangiku ketika) mendidik aku pada waktu kecil.” (QS Al-Isra' Ayat 24)

Kedua, menzalimi kedua orang tua, benci melihatnya, dan menggerutu (berkata “cih atau ah”) saat berbicara dengan kedua orang tua.

Ketiga, menyakiti dengan perkataan maupun perbuatan, serta bermaksud menghina, melaknat, dan mengatai-ngatai kedua orang tua. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

۞ وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعْبُدُوْٓا اِلَّآ اِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسٰنًاۗ اِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ اَحَدُهُمَآ اَوْ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَآ اُفٍّ وَّلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيْمًا

Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, serta ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. (QS Al-Isra Ayat 23)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement