Senin 04 Dec 2023 14:12 WIB

Mukjizat Alquran Selalu Selaras dengan Ilmu Pengetahuan

Kemukjizatan Alquran tampak jelas dalam keindahan aspek bahasa dan sastranya.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Seorang anak membaca Alquran. Ilustrasi Muslim.
Foto:

Rahasia Mukjizat Alquran

Pertama, sebelum Nabi Muhammad diutus, akal manusia lebih cenderung kepada fenomena-fenomena indrawi dan materi ketimbang ilmu pengetahuan. Selanjutnya, seiring perjalanan waktu, barulah akal manusia bergerak menuju kesempurnaan pola pikir. Oleh sebab itu tepat sekali jika Alquran lebih dekat kepada rasionalitas ketimbang fenomena indrawi.

Kedua, Allah menetapkan bahwa Alquran mengandung mukjizat yang dapat melemahkan mereka.

وَإِنْ كُنْتُمْ فِي رَيْبٍ مِمَّا نَزَّلْنَا عَلَىٰ عَبْدِنَا فَأْتُوا بِسُورَةٍ مِنْ مِثْلِهِ وَادْعُوا شُهَدَاءَكُمْ مِنْ دُونِ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ . فَإِنْ لَمْ تَفْعَلُوا وَلَنْ تَفْعَلُوا فَاتَّقُوا النَّارَ الَّتِي وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ ۖ أُعِدَّتْ لِلْكَافِرِينَ .

Artinya: Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Alquran yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal Alquran itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar. (23). Maka jika kamu tidak dapat membuat(nya) -- dan pasti kamu tidak akan dapat membuat(nya), peliharalah dirimu dari neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir. (24). (Alquran surat Al Baqarah ayat 23-24).

Alquran dengan ketinggian nilainya akan terus menanjak ke tempat yang lebih tinggi. Jauh di luar batas kemampuan manusia. Takkan ada yang sanggup melampauinya, bahkan hanya dengan membuat satu ayat.

Ketinggian nilai ini tercermin dalam keindahan kata-katanya, syariat yang dikandungnya, berita-beritanya tentang hal-hal gaib, pedoman hidup yang terdapat di dalamnya. Sisi mukjizat Alquran juga dapat dilihat pada metode penjelasannya, kemudian syariatnya, keselarasan teori dan praktik hukumnya, serta pengaruh dan dampaknya di hati manusia.

Sumber: Mausu’ah Al I’Jaz Al Qurani karya Nadiah Thayyarah dan diterjemahkan menjadi Buku Pintar Sains Dalam Alquran: Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah oleh penerjemah M Zainal Arifin dkk, penerbit Zaman pada 2013 halaman 15-18.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement