Sabtu 02 Dec 2023 00:09 WIB

Kisah Wanita Yahudi Meracun Sahabat Nabi dan Surat Al Isra Ayat 7

Perempuan Yahudi itu lalu membuat manisan, kemudian mencampurnya dengan racun.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Padang Pasir
Foto:

Sahabat itu pergi ke sebuah padang tandus, di sana sahabat itu melihat dua orang anak muda yang tampak keletihan karena perjalanan jauh. Sahabat itu bertanya kepada kedua anak muda itu, "Apakah kalian suka manisan ini?" Mereka menjawab, "Ya."

Sahabat itu meletakkan manisan tersebut di sisi kedua anak muda itu, beserta sedikit roti. Setelah kedua anak muda itu memakannya, mereka tersungkur, dan mati.

Ketika sampai kabar tentang itu ke Madinah, orang-orang Madinah menangkap sahabat itu dan menghadapkannya kepada Rasulullah SAW. Nabi Muhammad SAW bertanya, “Manisan dan roti itu, dari mana kamu mendapatkannya?" Sahabat itu menjawab, "Seorang perempuan Yahudi yang memberikannya kepada saya."

Mereka selanjutnya mencari perempuan Yahudi itu. Ketika perempuan Yahudi itu tiba, dia melihat dua jenazah anak muda itu di hadapannya. Dua anak muda itu ternyata adalah kedua putranya yang datang dari sebuah perjalanan.

Perempuan Yahudi itu menjatuhkan dirinya di hadapan Rasulullah SAW. Kemudian berkata, "Kebenaran maqammu ini membuat saya paham bahwa jika perbuatan buruk kulakukan, maka itu berarti aku telah melakukannya kepada diriku sendiri. Akibatnya akan kembali kepadaku, dan akhirnya aku memahami makna sebenarnya ayat itu."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement