Senin 27 Nov 2023 07:51 WIB

Doa Saat Melihat Pemakaman Jenazah Agar Terhindar dari Siksa Kubur

Selain mendoakan jenazah, dianjurkan juga mendoakan diri sendiri.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Pemakaman umum (Ilustrasi)
Foto: istimewa
Pemakaman umum (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika menguburkan jenazah dianjurkan untuk mendoakan ahli kubur sebagaimana doa-doa yang diajarkan Rasulullah. Tetapi selain mendoakan orang yang dimakamkan itu, dianjurkan juga untuk berdoa bagi diri sendiri memohon perlindungan dari azab kubur. Berikut doanya.

Doa Agar Terhindar dari Siksa Kubur

أعوذ بالله من عذاب القبر

Baca Juga

A'udzubillahi min adzabil qobri

Aku berlindung kepada Allah dari siksa kubur

 

Sebagaimana diriwayatkan dari Al Barra.

قال البراء رضي الله عنه: خرجنا مع رسول الله ﷺ في جنازة رجل من الأنصار فانتهينا إلى القبر ولما يلحد ، فجلس رسول الله ﷺ وجلسنا حوله كأنما على رؤوسنا الطير ، قال عمرو بن قالت : وقع ، ولم يقله أبو عوانة ، فجعل يرفع بصره وينظر إلى السماء و يخفض بصره ، وينظر إلى الأرض ، ثم قال: أعوذ بالله من عذاب القبر ، قالها مرارا

Artinya: Al Barra berkata: Kami pergi bersama Rasulullah SAW mengiring jenazah seorang lelaki dari golongan Anshar, maka ketika akan dimasukan ke dalam kuburnya , duduklah Rasulullah SAW dan kami pun duduk di sekitarnya. Dan (para sahabat tertunduk dan terdiam) seperti ada burung di atas kepala kami. Amr bin Qalata berkata:  Itu terjadi, tetapi Abu Awanah tidak mengatakannya. Maka Rasulullah mulai menengadahkan pandangannya dan memandang ke langit dan menurunkan pandangannya dan memandang ke bumi. Kemudian Rasulullah berdoa: A’udzubika min ‘adzabil Qobri (Ya Allah Aku berlindung kepada Allah dari siksa kubur), maka Rasulullah mengulanginya beberapa kali. (Lihat kitab At Tadzkirah karya Imam Qurthubi, penerbit Maktabah Darul Minhaj, halaman 359 dalam pembahasan tentang hadits Al Barra).

Saat jenazah telah selesai dikubur...

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement