Jumat 24 Nov 2023 21:10 WIB

Doa Bagi Orang yang Sulit Tidur

Dianjurkan membaca doa saat sulit tidur.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Tidur (ilustrasi)
Foto: Republika
Tidur (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sebagai umat Islam, penting kiranya untuk membaca doa-doa harian. Sebab doa merupakan 'senjata' bagi orang yang beriman. Dengan berdoa dalam waktu susah maupun senang, Allah SWT akan senantiasa memudahkan segala perkara yang hamba-Nya lalui. 

Dalam buku Kumpulan Doa Doa terbitan Kementerian Agama disebutkan sejumlah bacaan doa harian. Salah satunya adalah doa susah tidur (insomnia) agar bisa tidur nyenyak. 

Baca Juga

Berikut lafadznya: 

"Allahumma ghaaratinnujumu wa hadaa-atil uyunu wa anta hayyun qayyumun laa ta'khudzuka sinatun wa la naumun ya hayyun ya qayyumun ahdiy laili wa anim ayni."

 

Yang artinya, "Ya Allah, sunyilah semua bintang dan tenanglah semua mata, dan Tuhan yang hidup dan berdiri sendiri. Tuhan tidak mengantuk dan tidak tidur. Wahai Tuhan yang hidup dan berdiri sendiri, tenangkanlah malamku ini dan tidurkanlah mataku."

Doa ini berasal dari hadits riwayat Ibnu Sunni dan Thabrani dari Zaid bin Tsabit. 

Anjuran berdoa bagi umat Islam

Mengenai anjuran dan juga keutamaan membaca doa-doa harian, yakni sesungguhnya dengan berdoa, Allah dapat menghapuskan kesulitan, memberikan kemudahan, dan meluaskan hati orang-orang yang beriman. 

Tak hanya itu, doa juga merupakan ibadah sebagaimana yang pernah disampaikan Rasulullah. Nabi bersabda, "Addu'a huwal ibadah." Yang artinya, "Doa itu adalah ibadah."

Bahkan Allah SWT berfirman dalam Alquran Surah Al Ghafir ayat 60, "Wa qoola Rabbukumud 'uuniii astajib lakum; innal laziina yastakbiruuna an 'ibaadatii sa yadkhuluuna jahannama daakhiriin."

Yang artinya, "Dan Tuhanmu berfirman, "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina."

Selain itu, keutamaan lainnya dari membaca doa adalah sebagaimana yang disampaikan Rasulullah, "Laisa syaiun akrama alallahi ta'ala minaddu'a." Yang artinya, "Tiada yang lebih mulia di hadapan Allah selain doa."

 

 

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement