Jumat 24 Nov 2023 18:15 WIB

Dua Ayat Alquran Melarang Muslim Durhaka kepada Orang Tuanya

Durhaka terhadap orang tua termasuk penyakit hati yang paling berbahaya.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Anak Durhaka (ilustrasi)
Foto: bukucinta.com
Anak Durhaka (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Durhaka terhadap orang tua termasuk perbuatan keji dan sangat dibenci oleh Allah Swt. Durhaka terhadap orang tua merupakan dosa besar. 

Dalam buku “Para Musuh Allah” karya Rizem Aizid, menyebutkan, orang yang durhaka terhadap orang tua akan dihukum langsung saat ia masih hidup. Kemudian saat di akhirat, ia akan dicampakkan ke neraka yang panas.

Baca Juga

Rasulullah Saw. bersabda, "Dosa-dosa besar adalah menyekutukan Allah, durhaka kepada orang tua, dan membunuh manusia dan sumpah palsu." (HR Bukhari).

Melakukan perbuatan yang dapat menimbulkan kekecewaan orang tua termasuk perbuatan durhaka. “Bahkan, perkataan yang tidak disengaja sekali pun, seperti berkata “ah" terhadap orang tua termasuk perbuatan durhaka. Hal ini sebagaimana firman Allah Swt.

 

"Dan, Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia, dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, janganlah sekali-kali kamu mengatakan kepada keduanya perkataan 'ah', dan janganlah kamu membentak mereka, dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia." (QS Al Israa ayat 23).

Berkata "cis" terhadap orang tua juga termasuk bentuk perbuatan durhaka. Sebagaimana firman Allah Swt:

"Dan, orang yang berkata kepada ibu bapaknya 'cis', bagi kalian berdua, apakah kalian memperingatkan aku bahwa aku akan dibangkitkan, padahal sungguh telah berlalu beberapa umat sebelumku?' Lalu, kedua orang tuanya memohon pertolongan kepada Allah, 'Celaka kamu, berimanlah! Sesungguhnya, janji Allah adalah benar.' Lalu, dia berkata, 'Ini tidak lain hanyalah dongeng orang-orang dahulu belaka.' Mereka itulah orang-orang yang telah pasti ketetapan (azab) atas mereka bersama umat-umat yang telah berlalu sebelum mereka dari jin dan manusia. Sesungguhnya, mereka adalah orang-orang yang merugi." (QS Al Ahqaaf ayat 17-18)

Jika berkata "Ah" dan "Cis" saja sudah termasuk durhaka, bagaimana jika lebih dari itu?

Menurut Rizem, durhaka terhadap orang tua termasuk perbuatan maksiat yang azabnya disegerakan oleh Allah Swt. Tidak hanya mendapat azab di dunia, di akhirat pun, Allah Swt telah mempersiapkan balasan khusus bagi orang-orang yang durhaka. Yaitu, berupa kesengsaraan yang kekal.

Durhaka terhadap orang tua termasuk penyakit hati yang paling berbahaya. Sebab, perbuatan tercela yang satu ini banyak ragamnya, seperti menyakiti hati orang tua, mencela orang tua, membentak orantua. Malu mengakui orang tua, memerintah orang tua layaknya babu, atau menolak merawat orang tua.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement