Kamis 23 Nov 2023 05:15 WIB

5 Tipe Keluarga dalam Alquran, Ada yang Harus Dihindari Agar Selamat 

Alquran mengabadikan tipe-tipe keluarga dari yan baik hingga buruk

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Ilustras keluarga.
Foto:

4. Tipe keluarga Nabi Ibrahim dan Nabi Zakaria

Keluarga Nabi Ibrahim meneladankan keteguhan iman dan ketawakalan kepada Allah SWT ketika turun perintah qurban. Baik itu Ibrahim, Ismail dan Hajar sama-sama memiliki keimanan yang kokoh dan berserah diri kepada Allah SWT. 

Keluarga Nabi Ibrahim juga jadi teladan bagaimana  memupuk harapan kebaikan untuk memiliki generasi-generasi terbaik. Sebab itu Nabi Ibrahim selalu memanjatkan doa kepada Allah  agar mendapatkan keturunan yang saleh yakni Ismail.  

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” (QS Ibrahim ayat 40). 

Memupuk harapan kepada Allah SWT dengan terus memanjatkan doa agar mendapatkan keturunan yang terbaik juga dilakukan Nabi Zakariya dan keluarganya.  

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

“Wahai Rabbku! Berilah aku dari sisi-Mu seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.” (QS  Ali Imran ayat 38)

5. Tipe keluarga Nabi Muhammad SAW 

Tipe keluarga Rasulullah SAW adalah tipe yang terbaik dan harus diteladani oleh umatnya. Dimana Rasulullah SAW dapat membangun keharmonisan dalam rumah tangga dan meneruskan generasi-generasi terbaik bahkan hingga saat ini. 

Di antara doa Rasulullah SAW yaitu adalah memohon agar Allah SWT menjadikan istri-istri dan anak-anaknya itu penyenang hati dan menjadi pemimpin umat yang bertakwa. Ini dapat ditemukan dalam Alquran surat Al Furqan ayat 74. 

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

“Dan orang orang yang berkata, "Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS Al Furqan ayat 74). 

Baca juga: Zionis Israel akan Hancur Binasa 3 Tahun Lagi? Prediksi Syekh Ahmad Yasin Kembali Viral

 

Yang disebut keluarga qurrata ayun adalah keluarga yang bisa memberikan kesejukan mata dalam segala aspek baik dari bicara, berpakaian, perilaku. Serta tidak hanya dapat membahagiakan pasangan dan anak-anaknya namun juga mampu membahagiakan orang tuanya. Selain itu tipe keluarga Rasulullah SAW itu memiliki cita-cita yang luas. Bahwa generasi-generasinya diharapkan menjadi pemimpin.   

 

 

photo
Infografis Berapa Tahun Diturunkannya Alquran - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement