Kamis 23 Nov 2023 05:15 WIB

5 Tipe Keluarga dalam Alquran, Ada yang Harus Dihindari Agar Selamat 

Alquran mengabadikan tipe-tipe keluarga dari yan baik hingga buruk

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Ilustras keluarga.
Foto:

Nabi Nuh bahkan diuji dengan anaknya bernama Kan'an yang juga menentang dakwahnya dan tak mau beriman. Hingga Kan'an pun binasa dalam banjir bandang yang terjadi pada zaman itu.  

قَالَ سَآوِي إِلَىٰ جَبَلٍ يَعْصِمُنِي مِنَ الْمَاءِ ۚ قَالَ لَا عَاصِمَ الْيَوْمَ مِنْ أَمْرِ اللَّهِ إِلَّا مَنْ رَحِمَ ۚ وَحَالَ بَيْنَهُمَا الْمَوْجُ فَكَانَ مِنَ الْمُغْرَقِينَ

Artinya: “Anaknya menjawab, "Aku akan mencari perlindungan ke gunung yang dapat memeliharaku dari air bah!" Nuh berkata, "Tidak ada yang melindungi hari ini dari azab Allah selain Allah (saja) Yang Mahapenyayang". Dan gelombang menjadi penghalang antara keduanya; maka jadilah anak itu termasuk orang-orang yang ditenggelamkan.” (QS Hud ayat 43). 

Begitupun dalam kehidupan keluarga modern, tak sedikit kasus di mana istri selalu menentang nasihat-nasihat baik dari suaminya, atau ada juga istri yang berkhianat dengan lelaki lain, ada juga anak-anak yang membangkang dengan nasihat orang tuanya. Padahal suaminya atau ayahnya adalah orang yang saleh dan penuh kesabaran.  

Keluarga yang di dalamnya terdapat istri yang membangkang kepada suaminya, istri berkhianat kepada suaminya, anak-anak yang melawan kepada orang tuanya maka keluarga itu akan mengalami kehancuran.  

3. Tipe keluarga Firaun 

Alquran juga menceritakan tentang keluarga Firaun. Di mana Firaun sebagai raja Mesir yang zalim, mengklaim dirinya sebagai Tuhan dan menentang ajaran tauhid yang dibawa nabi Musa, justru mempunyai istri yang begitu salehah dan bertakwa. Ialah Asiyah. Bahkan doa Asiyah pun diabadikan Alquran.  

وَضَرَبَ اللَّهُ مَثَلًا لِلَّذِينَ آمَنُوا امْرَأَتَ فِرْعَوْنَ إِذْ قَالَتْ رَبِّ ابْنِ لِي عِنْدَكَ بَيْتتًا فِي الْجَنَّةِ وَنَجِّنِي مِنْ فِرْعَوْنَ وَعَمَلِههِ وَنَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

Artinya: “Dan Allah membuat isteri Fir'aun perumpamaan bagi orang-orang yang beriman, ketika ia berkata, "Ya Rabbku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam firdaus, dan selamatkanlah aku dari Fir'aun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari kaum yang zalim.”  (QS at Tahrim ayat 11). 

Begitupun dalam kehidupan modern, tak sedikit keluarga yang di dalamnya terdapat istri yang salehah, bertakwa, dan taat terhadap suaminya. Tetapi suaminya justru zalim, tak mau sholat, baca Alquran, dan suka menganiaya istrinya. 

Baca juga: Tak Hanya Alquran dan Hadits, Kehancuran Yahudi Israel Juga Diisyaratkan Bibel?

Ketika dalam sebuah keluarga terdapat istri yang salehah maka potensi memiliki anak yang saleh dan mulia juga sangat besar. Itu dicontohkan oleh Asiyah yang dapat membesarkan Nabi Musa meskipun suaminya adalah orang yang zalim. Sebab seorang ibu akan lebih dominan dan memiliki banyak kesempatan untuk membimbing dan mendidik anaknya. 

4. Tipe keluarga ...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement